Pengembangan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Babat Jawa Timur / Anis Fitriana Pratamawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Babat Jawa Timur / Anis Fitriana Pratamawati

Pratamawati, Anis Fitriana (2019) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Babat Jawa Timur / Anis Fitriana Pratamawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratamawati Anis. F. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman hayati utuk meningkatkan kemampaun berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Babat Jawa Timur. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahauan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd (II) Dra.Amy Tenzer M.S. Kata kunci pengembangan lembar kerja siswa inkuiri terbimbing kemampuan berpikir kritis SMAN Babat 1 merupakan salah satu SMA yang telah menerapkan kurikulum 2013 di kota Lamongan. Proses pembelajaran materi keanekaragaman hayati jarang menerapkan model pembelajaran pengamatan secara langsung dan siswa disamping menggunakan buku paket siswa menggunakan LKS yang diterbitkan oleh penerbit tertentu yang belum sesuai dengan sintaks K13 sehingga minat untuk berpikir secara kritis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman hayati yang teruji kevalidan kepraktisan keefektifannya untuk meningkatakan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implementation (5) Evaluation. Produk divalidasi pada ahli materi ahli perangkat pembelajaran dan praktisi lapangan. Setelah mengalami perbaikan atau revisi produk yang dikembangkan diuji secara skala kecil pada kelas XI MIA 3 yang telah menempuh materi keanekaragaman hayati dengan model pembelajaran inkuri terbimbing. LKS yang dikembangkan diuji keefektifan dan kepraktisannya selanjutnya memperbaiki produk sebelum diimplementasikan ke pembelajaran sesungguhnya. Uji keefektifan pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan melihat nilai peningkata hasil pretest a postes melalui gain score. Kepraktisan LKS yang dikembangkan diperoleh dari hasil angket uji kepraktisan yang diisi oleh 37 siswa kelas X MIA 3. LKS yang dikembangkan diperoleh sangat valid pada validasi ahli perangkat pembelajaran 98 21% validasi ahli materi 81 80 % dan validasi praktisi lapangan dengan nilai persentase 96 4%. Analisis uji kepraktisan LKS berbasis inkuiri terbimbing 84 38% dengan nilai kepraktisan sangat praktis. Hasil uji keefektifan LKS berbasis inkuiri diperoleh dari hasil pretes dan postes menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan cukup efektif dengan gain score 0 56 sehingga LKS yang dikembangkan cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Saran yang diberikan yaitu desain LKS yang dikembangkan lebih menarik kembali agar siswa tertarik dalam mengerjakannya lebih jelas dalam pembuatan kalimat pertanyaan siswa agar tidak membingungkan. Hasil produk penelitian dan pengembangan dapat didesiminasi pada forum seminar dan penulisan artikel jurnal pemanfaatan produk selanjutnya diharapkan dapat diterapkan dalam skala besar tidak hanya satu sekolah dan satu kelas saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77799

Actions (login required)

View Item View Item