Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis adobe flash CS6 pada materi sistem sirkulasi manusia kelas XI MIPA SMA Nasional Malang / Lilik Anggraini

Anggraini, Lilik (2019) Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis adobe flash CS6 pada materi sistem sirkulasi manusia kelas XI MIPA SMA Nasional Malang / Lilik Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RANGKUMAN Anggraini, Lilik. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia Kelas XI MIPA SMA Nasional Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Rahayu Lestari, M, Si (II) Dra. Nursasi Handayani, M, Si. Kata kunci: Media Pembelajaran, Mulimedia Interaktif, Sistem Sirkulasi pada Manusia, Biologi. Perkembangan dan kemajuan teknologi semakin cepat dari waktu ke waktu dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, sehingga tantangan yang dihadapi dunia pendidikan pada saat ini dan ke depan yaitu mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang utuh, yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan yang terintegrasi. Teknologi memiliki peran penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu peranannya yaitu mampu meningkatkan kualitas pendidikan agar lebih baik lagi terutama dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa. Perkembangan teknologi multimedia memberikan kemudahan dalam perencanaan pembelajaran. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Sasaran dari penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash CS6 adalah siswa kelas XI MIPA SMA Nasional Malang. Penelitian menggunakan model pengembangan Lee & Owens, dengan meliputi seluruh tahapannya. Pengambilan data dilakukan dengan validasi multimedia interaktif oleh ahli media, materi, praktisi lapangan, serta uji coba skala kecil kepada 21 siswa kelas MIPA 2 SMA Nasional Malang. Mengetahui kualitas multimedia interaktif adobe flash CS6 dengan cara melakukan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil kevalidan penelitian multimedia interaktif yang diperoleh dari ahli media adalah 93,33% (sangat valid), ahli materi 100% (sangat valid), praktisi lapangan adalah 100% (sangat valid) dan uji coba skala kecil diperoleh rata-rata kelayakan produk 88,41% (Sangat layak). Hal ini menyimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis adobe flash CS6 yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Saran pemanfaatan produk lebih lanjut meliputi 1) Siswa diharapkan mengikuti dan membaca petunjuk yang ada dalam multimedia interaktif selama proses pembelajaran 2) Penggunaan multimedia interaktif berbasis adobe flash CS6 membutuhkan perangkat sound/ speaker untuk memperkeras suara 3) Siswa diharapkan membaca buku atau sumber belajar lain yang terkait dengan materi, supaya dapat menambah pengetahuan tentang materi yang dipelajari. Saran pengembangan produk yaitu Multimedia interaktif ini bisa dijadikan media yang berbasis android dalam merubah format khusus file untuk media pada android sehingga tidak mengharuskan adanya fasilitas yang lengkap di sekolah dan memudahkan untuk belajar dimanapun siswa tersebut berada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77794

Actions (login required)

View Item View Item