Pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Singosari / Mohammad Taufik Aji Fahruli

Fahruli, Mohammad Taufik Aji (2019) Pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Singosari / Mohammad Taufik Aji Fahruli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Fahruli, Mohammad Taufik A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE terhadap Keterampilan Literasi Sains. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengethauan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd., (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd. Kata Kunci: RICOSRE, Keterampilan Literasi Sains, Hasil Belajar Kognitif. Keterampilan literasi sains merupakan modal dan kecakapan abad 21 yang menuntut bagi seseorang untuk mampu mengolah, mengevaluasi, dan membuat keputusan berdasarkan kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki. Ketika siswa memiliki keterampilan mengumpulkan informasi dan menjawab persoalan dengan baik. Penilaian literasi sains yang dilakukan oleh PISA pada tahun 2012 menyebutkan bahwa aspek-aspek yang dinilai dan menjadi tolok ukur literasi sains adalah kemampuan ilmiah siswa dalam menanggapi sebuah fenomena ilmiah. Informasi yang akurat dan kredibel dapat menjadi media bantu bagi siswa dalam meraih pemahaman pembelajaran yang baik. Siswa diharapkan memiliki pemahaman yang baik untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Salah satu hasil belajar adalah hasil perolehan siswa pada ranah pengetahuan atau intelektual setelah mengalami suatu pengalaman belajar yang disebut sebagai hasil belajar kognitif. Model pembelajaran yang berpotensi meningkatkan keterampilan literasi sains dan hasil belajar kognitif adalah model pembelajaran yang berbasis masalah salah satunya adalah RICOSRE. RICOSRE diharapkan mampu meningkatkan keterampilan literasi sains karena metode ini memiliki beberapa tahap yang terdiri dari enam tahapan yang terdiri atas Reading, Indentifying the Problem, Contructing the Solution, Solving the Problem, Reviewing the Problem Solving, and Extending the Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pemnelajaran RICOSRE terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar siswa. Desain penelitian kuasi eksperimen yang digunakan adalah dengan pretest posttest non-equivalent control group design. Variabel terikat penelitian ini adalah model pembelajaran. RICOSRE sebagai kelas eksperiman, PBL sebagai kelas kontrol positif, dan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol negatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari. Data dianalisis dengan uji anakova dua jalur dan dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran mempengaruhi keterampilan literasi sains siswa dengan nilai 482.904 dengan p-va-lue = 0,000. p-value < &#945; (&#945;=0,05); (2) model pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa dengan nilai 194.458 dengan p-va-lue = 0,000. p-value < &#945; (&#945;=0,05). Model pembelajaran RICOSRE memiliki potensi tertinggi untuk meningkatkan literasi sains sebesar 70,77%. Model RICOSRE memiliki potensi tertinggi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif sebesar 45,23%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77790

Actions (login required)

View Item View Item