Pengembangan multimedia interaktif terintegrasi UKBM berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen / Ruri Indarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif terintegrasi UKBM berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen / Ruri Indarti

Indarti, Ruri (2019) Pengembangan multimedia interaktif terintegrasi UKBM berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen / Ruri Indarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Indarti Ruri. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi UKBM Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Respirasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Amy Tenzer M.S (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani M.Si. Kata Kunci multimedia interaktif inkuiri terbimbing keterampilan berpikir kritis Keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen khususnya pada materi Sistem Respirasi masih kurang. 68% siswa kurang menguasai keterampilan memfokuskan pertanyaan 62% siswa kurang menguasai keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan yang memerlukan penjelasan 94% siswa kurang menguasai keterampilan mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi dan 65% siswa kurang menguasai keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi serta mempertimbangkan kredibilitas sumber pada materi Sistem Respirasi. Kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa disebabkan oleh kurang maksimalnya aktivitas siswa yang dapat mengasah keterampilan berpikir kritis. Penggunaan media sebagai alat bantu pembelajaran juga belum maksimal padahal fasilitas yang ada di SMAN 1 Kepanjen sudah memadai. Upaya yang dilakukan guru dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan memperbanyak soal-soal bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) belum cukup efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing yang digunakan secara bersamaan dengan UKBM di dalam kegiatan pembelajaran di kelas merupakan solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif Sistem Respirasi berbasis inkuiri terbimbing yang layak praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Lee dan Owens dengan prosedur yang terdiri dari (1) Analisis kebutuhan (2) Analisis awal-akhir (3) Desain (4) Pengembangan (5) Implementasi dan (6) Evaluasi. Multimedia interaktif divalidasi oleh ahli materi ahli media dan praktisi lapangan. Produk yang telah direvisi kemudian diujicoba lapangan awal yang melibatkan siswa kelas XII. Selanjutnya produk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran yang sesungguhnya di kelas XI MIA 3. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi produk angket respon siswa serta nilai pre test dan post test. Sementara data kualitatatif diperoleh dari saran dan komentar ahli materi ahli media praktisi lapangan serta siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif meliputi uji kelayakan dan kepraktisan poduk serta uji keefektifan menggunakan teknik n-gain. Sementara analisis deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan saran dan komentar dari para validator guna merevisi produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan praktisi lapangan memperoleh nilai sebesar 100% 93% dan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil uji kepraktisan pada ujicoba lapangan awal dan ujicoba lapangan utama diperoleh hasil sebesar 83% dan 84% yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat praktis untuk digunakan. Sementara uji keefektifan yang dihitung menggunakan rumus n-gain diperoleh hasil 0 768 yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Peningkatan keterampilan berpikir kritis juga terlihat untuk masing-masing indikator yaitu 90% untuk indikator memfokuskan pertanyaan 79% untuk indikator bertanya dan menjawab pertanyaan yang memerlukan penjelasan 89% untuk indikator mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi 89% untuk indikator menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi dan 100% untuk indikator mempertimbangkan kredibilitas sumber. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang digunakan secara bersamaan dengan UKBM Sistem Respirasi efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada KD 3.8 Kelas XI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77789

Actions (login required)

View Item View Item