Penerapan model discovery learning dipadu Think Pair Square Share (TPSS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung / Mutia Nandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model discovery learning dipadu Think Pair Square Share (TPSS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung / Mutia Nandani

Nandani, Mutia (2019) Penerapan model discovery learning dipadu Think Pair Square Share (TPSS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung / Mutia Nandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nandani Mutia. 2019. Penerapan Model Discovery Learning dipadu Think Pair Square Share (TPSS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Tulungagung. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sunarmi M.Pd. (2) Dr. Sulisetijono M.Si. Kata Kunci discovery learning dipadu TPSS keterampilan berpikir kritis hasil belajar kognitif sistem ekskresi sistem koordinasi Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang dapat men-dukung proses belajar dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Keterampilan berpikir kritis memiliki banyak manfaat bagi seseorang untuk mampu mengolah mengevaluasi dan membuat keputusan berdasarkan kemampuan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Masalah rendahnya keterampilan berpikir kritis terjadi di kota Tulungagung salah satunya di SMAN 1 Tulungagung. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan soal ujian yang diberikan guru belum mampu mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Proses pembelajaran berlangsung searah yaitu guru sebagai pusat informasi utama sedangkan siswa cenderung pasif hanya mendengarkan penjelasan guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah dengan menerapkan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah ingin meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar kognitif Biologi siswa. Jenis penelitian yang diterapkan dalam pembelajaran ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tulungagung dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebanyak 32 siswa. Data penelitian berupa Keterlaksanaan Pembelajaran Discovery Learning dipadu Think Pair Square Share (TPSS) oleh guru dan siswa data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari tes setiap akhir siklus I dan tes akhir siklus II dan data hasil belajar kognitif berupa hasil tes setiap akhir siklus berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung. Rerata hasil tes keterampilan berpikir kritis pada siklus I sebesar 70 15 dan meningkat sebesar 8 28 menjadi 78 43 pada siklus II selain itu terjadi peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 65 62% dan mengalami peningkatan sebanyak 15 63% menjadi 81 25%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dipadu TPSS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung. Saran yang diberikan peneliti ialah penerapan model Discovery Learning dipadu TPSS memerlukan pengawasan dan kontrol kelas oleh guru sehingga siswa mengikuti pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77786

Actions (login required)

View Item View Item