Penerapan STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Malang / Lailatul Izzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Malang / Lailatul Izzah

Izzah, Lailatul (2019) Penerapan STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Malang / Lailatul Izzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Izzah Lailatul. 2019. Penerapan STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph. D. (2) Hendra Susanto S.Pd. M.Kes. Ph.D. Kata Kunci Hasil belajar kolaborasi mind mapping STAD. Kemampuan kolaborasi siswa dalam kelas termasuk salah satu aspek penting yang harus diperhatikan selain hasil belajar siswa. Kolaborasi merupakan interaksi antar individu yang bertanggung jawab terhadap perilakunya termasuk cara belajar dan menghargai kemampuan dan kontribusi teman kelompoknya. Guru biologi SMA Negeri 7 Malang belum memaksimalkan penerapan model dan metode pembelajaran yang bervariasi dalam mengukur kemampuan kolaborasi dan juga hasil belajar siswa. Kemampuan kolaborasi dapat dibangun melalui model pembelajaran STAD siswa akan berkelompok untuk mengerjakan tugas metode yang menarik sangat diperlukan salah satunya adalah metode mind mapping. STAD merupakan model pembelajaran yang pembagian kelompoknya terdiri dari 4-5 siswa sehingga jumlah tersebut dapat membuat semua siswa aktif dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemberian tindakan yang dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan STAD berbantuan mind mapping pada materi sistem ekskresi dan sistem koordinasi. Tahapan penelitian ini diawali dengan pemberian materi belajar pembagian kelompok pembuatan mind map evaluasi hasil mind map pemberian penghargaan kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Malang. Data penelitian berupa skor kemampuan kolaborasi siswa skor pretest dan posttest skor mind map skor sikap sosial dan spiritual serta skor psikomotor siswa. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah tindakan yang dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa melalui penerapan model STAD berbantuan mind mapping yaitu membiasakan siswa untuk berkelompok 4-5 siswa tiap kelompok dengan tujuan agar semua siswa dapat berperan aktif dalam kelompok membimbing siswa agar ikut terlibat aktif saat pembuatan mind map semua siswa dibimbing untuk presentasi hasil mind map saat pemberian evaluasi siswa dibimbing agar menjadi kelompok terbaik saat pemberian penghargaan setelah pembuatan mind map. Tindakan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu saat siswa dibimbing untuk aktif berdiskusi melalui tahap pemberian materi belajar siswa dibiasakan untuk saling bertukar pengetahuan dan dibimbing untuk menjaga sikap serta dibimbing untuk mengembangkan keterampilannya pada tahap pembuatan mind map siswa dibimbing untuk presentasi pada tahap pemberian evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77785

Actions (login required)

View Item View Item