Suhartatik, Anis (2019) Penerapan inkuiri terbimbing dipadu Numbered Head Together untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Sutojayan, Kabupaten Blitar / Anis Suhartatik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Suhartatik Anis. 2019. Penerapan Inkuiri Terbimbing Dipadu Numbered Head Together untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S (2) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci inkuiri terbimbing NHT keterampilan komunikasi hasil belajar Berdasarkan observasi di SMAN 1 Sutojayan telah diketahui lemahnya siswa berkomunikasi dalam pembelajaran. Kelemahan siswa dalam berkomuniksi membuat guru menunjuk siswa secara langsung. Selain itu hasil ulangan harian yang termasuk hasil belajar siswa yang saat ini kelas XI MIPA 1 pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan 70% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan minimal dilakukan 2 siklus tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas X MIPA 1. Data keterlaksanaan pembelajaran keterampilan komunikasi hasil belajar afektif dan psikomotor diperoleh dari observasi selama pembelajaran menggunakan lembar observasi. Data hasil belajar kognitif didapatkan dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing Dipadu Numbered Head Together sudah terlaksana dengan sangat baik. Keterampilan komunikasi lisan siswa meningkat dari 68 6% pada siklus I menjadi 86 3% pada siklus II. Hasil belajar kognitif didapatkan N-Gain 0 70 pada siklus I meningkat menjadi 0 80 pada siklus II. ketuntasan klasikal 78 56% pada siklus I meningkat menjadi 88 9% pada siklus II. Hasil belajar dari aspek psikomotor meningkat dari 90 1% pada siklus I menjadi 97 1% pada siklus II. Hasil belajar dari aspek psikomotor meningkat dari 93 9% pada siklus I menjadi 98 6% pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini penerapan inkuiri terbimbing dipadu Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa X MIPA 1 SMAN 1 Sutojayan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/77784 |
Actions (login required)
View Item |