Agustin, Aushofusy Syarifah (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal terhadap keterampilan berpikir kritis, karakter dan hasil belajar biologi siswa kelas X IIS 4 MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang Jawa Timur / Aushofusy Syarifah Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Agustin Aushofusy Syarifah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Karakter dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IIS 4 MA Al-Ittihad PoncokusumoMalang Jawa Timur. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata Kunci Inkuiri terbimbing potensi lokal keterampilan berpikir kritis karakter hasil belajar. Berdasarkan hasil angket kebutuhan pembelajaran angket berpikir kritis dan wawancara guru Biologi kelas X IIS 4 MA Al-Ittihad Poncokusumo diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang selama ini berlangsung masih belum memfasilitasi siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis karakter dan hasil belajar. Tingkat berpikir kritis siswa berdasarkan angket berpikir kritis yakni 42 47 dengan kategori rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi beberapa karakter siswa masih rendah karakter rasa ingin tahu rendah karena hanya sedikit siswa yang bertanya saat diskusi di kelas siswa banyak yang tidak jujur karena masih menyontek saat ulangan siswa tidak bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan dan berdampak pada keterlambatan dalam pengumpulan tugas siswa juga kurang menghargai guru saat menjelaskan didepan kelas. Berdasarkan observasi dokumen nilai hanya terdapat 29% siswa yakni 10 dari 35 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Berdasarkan masalah di kelas maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal yang diharapkan dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis karakter dan hasil belajar Biologi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 5 tahapan mengikuti model PTK John Elliott. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IIS 4 MA Al-Ittihad Poncokusumo. Data keterampilan berpikir kritis berupa skor yang diperoleh dari prates dan pascates soal uraian yang disesuaikan dengan rubrik keterampilan berpikir kritis. Data karakter diperoleh dari observasi dan angket karakter kepada siswa. Hasil belajar kognitif diperoleh dari prates dan pascates soal uraian dan hasil belajar psikomotor diperoleh dari penilaian bagan dan poster yang dibuat oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis karakter dan hasil belajar. Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siklus I berdasarkan n-gain adalah 0.29 dengan kriteria rendah meningkat pada siklus II yakni 0.41 dengan kriteria sedang. karakter pada siklus satu mencapai nilai 71 72 dengan kriteria baik meningkat menjadi 80 14 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar kognitif pada siklus I menunjukkan hasil n-gain sebesar 0.51 dengan kriteria sedang meningkat pada siklus II menjadi 0 68 dengan kriteria sedang. Hasil belajar psikomotorik meningkat dari 77 12 pada siklus I menjadi 84 21 pada siklus II. Berdasarkan paparan data di atas penerapan inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis karakter dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/77783 |
Actions (login required)
View Item |