Pengaruh model pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMAN 8 Malang / Ridadyah Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMAN 8 Malang / Ridadyah Wilujeng

Wilujeng, Ridadyah (2019) Pengaruh model pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMAN 8 Malang / Ridadyah Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Wilujeng Ridadyah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Skripsi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata Kunci Keterampilan Berpikir Kreatif Keterampilan Kolaborasi POPBL Pembelajaran biologi disekolah belum mencapai kompetensi yang diharapkan banyak siswa yang belum terlatih untuk menggunakan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi di dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada 67 siswa kelas X SMAN 8 Malang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif mereka masih kurang dibuktikan dengan rata-rata skor keterampilan berpikir kreatif sebesar 37% (kurang) dan untuk hasil studi pendahuluan berupa penyebaran angket kepada 67 siswa kelas X SMAN 8 Malang menunjukkan jika keterampilan kolaborasi mereka sangat baik dibuktikan dengan rata-rata skor keterampilan kolaborasi sebesar 78% (selalu). Namun pada saat observasi pembelajaran di dalam kelas mereka cenderung untuk bekerja secara individu di dalam kelompok selain itu siswa yang sudah selesai mengerjakan UKBMnya akan membiarkan temannya untuk menyalin jawabannya sehingga keterampilan kolaborasi mereka dapat dikatakan masih kurang. Hal ini disebabkan guru menggunakan metode ceramah di dalam pembelajaran dan pembelajaran di dalam kelas di dominasi dengan pengerjaan UKBM serta jarang di lakukan observasi di luar kelas. Sehingga dalam penelitian ini ditawarkan model Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) guna mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POPBL terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMAN 8 Malang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest-postest non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa silabus RPP Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran (LKP) untuk mengukur variabel bebas dan soal uraian angket peer assessment observasi pembelajaran digunakan untuk mengukur variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA (Analisis Kovarian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan tahapan pembelajaran di kelas ekperimen dengan nilai rata-rata 89%-100% maka secara garis besar tahapan model pembelajaran telah dilaksanakan secara konsisten dan sesuai dengan tahapan pembelajaran. Hasil ANAKOVA menunjukkan jika model POPBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa dengan nilai berturut-turut p-value (0 000) 945 0 05 p-value 0 043 945 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini yakni siswa yang diajarkan menggunakan model POPBL memiliki nilai keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan menggunakan model POPBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77782

Actions (login required)

View Item View Item