Dewi, Gandhes Cintya (2019) Pengembangan multimedia interaktif berbasis android pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI di SMA Negeri 02 Batu / Gandhes Cintya Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Dewi Gandhes Cintya. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI di SMA Negeri 02 Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph D (II) Dra. Amy Tenzer M.S Kata Kunci Biologi SMA Kelas XI Literasi Sains Pengembangan Multimedia Interaktif Sistem Pernapasan. Pendidikan pada abad 21 menuntut siswa untuk memiliki keterampilan 4C (berpikir kritis kreatif kolaboratif dan komunikatif) dan kemampuan literasi sains. Keterampilan 4C dan literasi sains dapat melatih siswa berpikir ilmiah serta melatih siswa dalam menyikapi dan mengambil keputusan yang berkaitan dengan persoalan sains dalam kehidupan. Hasil uji kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan yang diberikan pada 12 siswa kelas XII MIPA 2 (tanggal 17 Januari 2018) menunjukkan rerata nilai siswa yakni 12 1 dari skor maksimal 100. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa masih rendah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android pada materi sistem pernapasan yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Batu yang teruji kelayakan kepraktisan dan keefektifannya. Pengembangan multimedia interaktif ini menggunakan model pengembangan Lee Owens yang terdiri atas 5 tahap yaitu (1) analisis kebutuhan (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Perolehan data didapatkan dari (1) hasil uji kelayakan (2) hasil uji kepraktisan dan (3) hasil uji keefektifan. Produk yang telah dihasilkan diuji kelayakan oleh ahli materi ahli media ahli evaluasi dan praktisi lapangan. Skor pretes dan pasca tes dianalisis menggunakan teknik gain score untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dan anacova untuk menguji hipotesis pengaruh multimedia interaktif terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XIMIPA SMAN 02 Batu. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi menunjukkan rerata skor 100% dengan kriteria sangat layak namun tetap direvisi sesuai komentar dan saran. Hasil uji kelayakan oleh ahli media menunjukkan rerata skor 99 44% dengan kriteria sangat layak namun tetap direvisi sesuai komentar dan saran. Hasil uji kelayakan oleh ahli evaluasi menunjukkan rerata skor 92 19% dengan kriteria sangat layak namun tetap direvisi sesuai dengan komentar dan saran. Hasil uji kepraktisan oleh praktisi lapangan menunjukkan rerata skor 96 96% dengan kriteria sangat layak namun tetap direvisi sesuai dengan komentar dan saran. Produk yang dinyatakan layak selanjutnya diujicobakan pada skala kecil yakni 12 siswa kelas XII MIPA 2 untuk mengetahui uji keparktisannya. Ujicoba skala kecil ini bertujuan untuk melihat kemenarikan multimedia kemudahan digunakan dan dipahami sebelum di ujicobakan pada skala besar. Hasil uji kepraktisan pada skala kecil menunjukkan rerata skor 84 03% dengan kriteris sangat praktis namun tetap direvisi sesuai dengan komentar dan saran dari siswa. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan literasi sains dipilih 2 kelompok perlakuan yakni kelas XI MIPA 2 yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran interkatif dan kelas XI MIPA 1 yang dibelajarkan tanpa menggunakan multimedia interaktif. Desain penelitian yang digunakan yakni true experiment dengan pendekatan Pretest-Posttest Control Grup Design. Hasil revisi produk pada ujicoba skala kecil diimplementasikan pada siswa kelas XI MIPA 2 di mana pada tahap ini siswa menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran. Implementasi ini dilakukan pada 3 pertemuan dengan 6 JP di mana sebelum pembelajaran siswa diberikan soal tes (pretes) dan pada akhir pembelajaran siswa diberikan soal pasca tes maupun angket respon. Hal ini berguna untuk menguji kepraktisan dan keefektifan multimedia yang dikembangkan. Kemampuan literasi sains siswa dinilai efektif dibandingkan kelas tanpa multimedia interaktif. Hal tersebut dibuktikan dengan gain score 0 73 pada kelas yang dibelajarkan menggunakan multimedia interaktif dibandingkan dengan gain score kelas tanpa multimedia yakni 0 47 yang kemudian diuji lanjutan menggunakan anacova dengan hasil siginifikasi .000 0 05 yang berarti ada pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interkatif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Uji kepraktisan berguna untuk melihat apakah multimedia yang dikembangkan menarik mudah dipahami dan mudah digunakan. Hasil uji kepraktisan oleh siswa dalam skala besar menunjukkan skor 86 67% namun tetep direvisi sesuai dengan komentar kritik dan saran dari siswa. Saran pengembangan lebih lanjut yakni dilakukan uji kepraktisan dan keefektifan dibeberapa kelas maupun sekolah dan disarankan untuk melakukan perluasan sistem android ke sistem operasi Iphone Operating System (iOS).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/77780 |
Actions (login required)
View Item |