Pengembangan perangkat pembelajaran model problem based learning materi sistem respirasi manusia untuk meningkatkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Nailul Minnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran model problem based learning materi sistem respirasi manusia untuk meningkatkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Nailul Minnah

Minnah, Nailul (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran model problem based learning materi sistem respirasi manusia untuk meningkatkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Nailul Minnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Minnah Nailul. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Materi Sistem Respirasi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Miemin Henie Irawati Al Muhdhar M.S. (II) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning keterampilan literasi digital hasil belajar. Salah satu keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh siswa adalah keterampilan dalam berliterasi. Sesuai dengan tuntutan KD pada ranah keterampilan kelas XI matapelajaran biologi yaitu KD 4.8 yaitu Menyajikan hasil analisis pengaruh pencemaran udara terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ pernapasan manusia berdasarkan studi literatur . Literasi yang memungkinkan terjadi pada peserta didik abad ke-21 adalah literasi digital. Cara yang ideal untuk mengembangkan keterampilan literasi digital siswa adalah melalui model pembelajaran berbasis pemecahan masalah yaitu Problem Based Learning. Melalui Problem Based Learning siswa dituntut untuk memecahkan suatu permasalahan yang pada abad ke-21 ini proses pemecahan masalah sering diselesaikan dengan mengumpulkan berbagai informasi yang bersumber dari internet. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran sistem respirasi manusia dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar siswa yang valid praktis dan efektif. Pembelajaran model Problem Based Learning ini diimplemtasikan pada kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Malang. Penilaian keterampilan literasi digital dalam penelitian ini melalui lembar observasi yang dinilai oleh observer dan pengisian angket keterampilan literasi digital oleh siswa. Uji kevalidan silabus yang telah dikembangkan berada dalam kriteria sangat valid dengan tingkat validitas sebesar 100% oleh ahli desain pembelajaran dan 98 75% oleh praktisi lapangan. Uji kevalidan RPP berada dalam kriteria sangat valid dengan tingkat validitas 98 25% oleh ahli desain pembelajaran dan 100% oleh praktisi lapangan. Uji kevalidan handout berada dalam kriteria sangat valid dengan tingkat validitas sebesar 96% oleh ahli desain pembelajaran 95% oleh ahli materi dan 92 50% oleh praktisi lapangan. Uji kevalidan LKS berada dalam kriteria sangat valid dengan tingkat validitas sebesar 93 25% oleh ahli desain pembelajaran 97% oleh praktisi lapangan. Uji kevalidan instrumen tes kognitif berada dalam kriteria sangat valid dengan tingkat validitas sebesar 96 75% baik oleh ahli desain pembelajaran maupun praktisi lapangan dan 97 75% oleh ahli materi. Uji coba pendahuluan dilakukan untuk mengetahui kepraktisan perangkat yang telah dikembangkan. Hasil uji coba pendahuluan terhadap handout dan LKS yang dilakukan kepada kelas XII MIPA 1 berada dalam kriteria sangat praktis dengan tingkat kepraktisan handout sebesar 95% dan LKS sebesar 97 75%. vii Berdasarkan hasil implementasi perangkat pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan bahwa setiap indikator dalam keterampilan literasi digital siswa yang dinilai oleh observer rata-rata berada pada kriteria mahir dan mahir cenderung patut dicontoh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa indikator menemukan informasi yang bersumber dari internet diperoleh rata-rata skor 3 57 dengan kriteria mahir cenderung patut dicontoh indikator menggunakan banyak sumber diperoleh rata-rata skor 3 06 dengan kriteria mahir indicator memilih sumber diperoleh rata-rata skor 3 27 dengan kriteria mahir cenderung patut dicontoh dan indikator mengevaluasi informasi diperoleh rata-rata skor 3 01 dengan kriteria mahir cenderung patut dicontoh. Hasil analisis data keterampilan literasi digital siswa melalui angket dianalisis dengan uji N-gain. Hasil perhitungan gainscore dari masing-masing indikator keterampilan literasi digital tersebut rata-rata termasuk dalam kriteria sedang. Indikator menemukan sumber memperoleh nilai N-gain sebesar 0 47 dengan kriteria sedang indikator menggunakan banyak sumber memperoleh nilai N-gain sebesar 0 41 dengan kriteria sedang indikator memilih sumber memperoleh nilai N-gain sebesar 0 41 dengan kriteria sedang dan indikator mengevaluasi sumber memperoleh nilai N-gain sebesar 0 39 dengan kriteria sedang. Implementasi perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Malang materi sistem respirasi manusia. Hasil analisis uji N-gain menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada sistem respirasi manusia menggunakan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning meningkat. Indikator yang harus dicapai siswa pada materi sistem respirasi manusia memperoleh nilai N-gain yang rata-rata dalam kriteria sedang. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Problem Based Learning materi sistem respirasi manusia terbukti valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar siswa. Problem Based Learning sebagai model pembelajaran yang berorientasi pemecahan masalah dimana proses pemecahan masalah sering diselesaikan dengan mengumpulkan berbagai informasi yang bersumber dari internet sehingga keterampilan literasi digital yang berhubungan dalam proses mengambil menilai menyimpan memproduksi menyajikan dan bertukar informasi serta berkomunikasi dan berpartisipasi dalam jaringan kolaboratif melalui internet dapat meningkat. Model Problem Based Learning juga mampu meningkatkan pengetahuan mendorong siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajar kognitif siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77770

Actions (login required)

View Item View Item