Lusmana, Indra (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning pada materi "Jamur" untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 6 Malang / Indra Lusmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Lusmana Indra. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jamur Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 6 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembingmbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd (II) Sitoresmi Prabaningtyas S.Si. M.Si Kata Kunci perangkat pembelajaran discovery learning berpikir kritis hasil belajar Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajarannya. Salah satu bentuk pendekatan saintifik adalah dengan me-nerapkan model pembelajaran discovery learning. Berdasarkan hasil telaah perangkat pembelajaran yang digunakan di SMAN 6 Malang didapatkan perangkat pembelajaran berupa RPP belum mengimplementasikan Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah dan hasil belajar kognitif siswa banyak yang belum men-capai KKM. Berdasarkan hasil test didapatkan 18 dari 38 siswa mendapatkan nilai diatas 70 artinya hanya 43 8% yang memenuhi KKM yang ditetapkan. Hal tersebut didukung dengan keadaan siswa dikelas seperti beberapa siswa tidak memperhatikan saat guru mengajar siswa malas untuk membuka buku dan siswa terlalu sering membuka handphone saat pembelajaran berlangsung. Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah dengan menciptakan pembelajaran yang me-libatkan siswa secara aktif. Proses pembelajaran ini dapat dipersiapkan dalam perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP hand out UKBM dan instrumen penilaian yang berbasis discovery learning. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D oleh Thiagarajan dengan tahap pendefinisian (define) perancangan (design) pe-ngembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pemilihan model ini di-dasarkan pada arahan pengembangan yang jelas sehingga dihasilkan produk pe-ngembangan yang jelas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil validasi RPP oleh ahli pembelajaran sebesar 97 73% oleh praktisi lapangan sebesar 98 86% dan oleh ahli materi sebesar 100% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil validasi hand out oleh ahli pembelajaran sebesar 100% oleh praktisi lapangan se-besar 98 61% dan oleh ahli materi sebesar 100% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil validasi UKBM oleh ahli pembelajaran sebesar 99 07% oleh praktisi lapangan sebesar 99 07% dan oleh ahli materi sebesar 100% yang ter-masuk dalam kriteria sangat valid. Hasil validasi soal pretest dan postest oleh ahli pembelajaran sebesar 96% oleh praktisi lapangan sebesar 99% dan oleh ahli materi sebesar 100% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji ke-praktisan pengguna perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran diperoleh persentase sebesar 89 07% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan N-gain sebesar 0 72 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning pada materi Jamur yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 6 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/77769 |
Actions (login required)
View Item |