Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwosari / Koko Murdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwosari / Koko Murdianto

Murdianto, Koko (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwosari / Koko Murdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Murdianto Koko. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwosari. Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Drs. I Wayan Sumberartha M.Sc. Kata Kunci Inkuiri terbimbing berpikir kritis hasil belajar Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran dan wawancara yang dilaksanakan dengan guru Biologi kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Purwosari diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang selama ini berlangsung masih belum dapat melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar Biologi siswa. Pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing diharapkan dapat membuat dan melatih siswa untuk dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar Biologi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas di mana penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar Biologi siswa dalam 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Purwosari. Adapun data keterampilan berpikir kritis berupa skor yang diperoleh dari prates dan pascates yang berupa soal uraian yang disesuaikan dengan rubrik keterampilan berpikir kritis. Hasil belajar Biologi terdiri atas hasil belajar kognitif berupa skor tes akhir siklus afektif berupa skor sikap siswa tiap pertemuan dan psikomotor berupa hasil observasi psikomotor siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar Biologi siswa. Keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I menunjukkan hasil n-gain sebesar 0.2 dengan kriteria kurang sedangkan pada siklus II menunjukkan hasil n-gain sebesar 0.34 dengan kriteria sedang. Hasil belajar kognitif siswa menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 67% pada siklus I dan sebesar 100% pada siklus II. Hasil belajar afektif menunjukkan skor rata-rata kelas pada siklus I sebesar 60 dengan kriteria baik dan pada siklus II sebesar 65 dengan kriteria baik. Hasil belajar psikomotor menunjukkan skor rata-rata kelas pada siklus I sebesar 77 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus II sebesar 88 dengan kriteria sangat baik. Adapun dalam penelitian tindakan kelas ini didapatkan temuan bahwa dengan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran di tiap tahapnya hal ini membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga keterampilan berpikir kritis siswa dapat terlatih. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan perlu dilakukan tindakan dengan siklus yang lebih banyak untuk membuat siswa lebih terbiasa dalam menggunakan keterampilan berpikir kritisnya sehingga keterampilan berpikir kritis siswa dapat meningkat ke kriteria yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77753

Actions (login required)

View Item View Item