Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi protista kelas X MAN 1 Malang / Mohamad Nasrul Fuad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi protista kelas X MAN 1 Malang / Mohamad Nasrul Fuad

Fuad, Mohamad Nasrul (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi protista kelas X MAN 1 Malang / Mohamad Nasrul Fuad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Fuad Mohamad Nasrul. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Protista Kelas X MAN 1 Malang. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Murni Sapta Sari M. Si. (II) Dr. Sulisetijono M. Si Kata Kunci Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Protista Pembelajaran kurikulum 2013 dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang secara pesat. Pada kehidupan masa kini yang telah memasuki abad 21 kehidupan semakin kompetitif sehingga kurikulum 2013 menekankan kepada siswa untuk mengkonstruk belajarnya sendiri dengan cara memanfaatkan perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) secara tepat. Perkembangan IPTEK mendorong upaya pembaharuan teknologi dalam proses belajar. Strategi yang dapat dilakukan oleh guru dalam memanfaatkan teknologi yaitu pengembangan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan dibuat untuk memudahkan siswa dalam memperjelas materi yang sulit dipahami. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu multimedia interaktif. Berdasarkan hasil observasi wawancara dengan guru dan angket siswa kelas X MIPA 4 MAN 1 Malang terdapat kesulitan dalam mempelajari materi protista yang terlalu banyak siswa dikelas mayoritas bandel dan mudah bosan dikarenakan guru mengajar hanya menggunakan buku power point dan gambar selain itu alokasi waktu pembelajaran biologi tiga jam per minggu sehingga kurang seimbang dengan kepadatan materi protista. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan multimedia interaktif pada materi protista kelas X MAN 1 Malang dan menguji kelayakan kevalidan keefektifan dan kepraktisan multimedia interaktif pada materi protista kelas X MAN 1 Malang. Diharapkan dengan adanya multimedia interaktif yang dikembangkan pada materi protista ini dapat membantu siswa dalam belajar secara efektif dan efisien. Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang merupakan model pengembangan design pembelajaran yang pada intinya menggunakan pendekatan sistem dan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menghasilkan produk pembelajaran yang efektif dan efisien. Adapun tahapan pembelajaran menurut model ADDIE adalah (1) analysis yaitu dengan melakukan analisis kebutuhan untuk mengidentifikasi masalah dilapangan dengan cara observasi wawancara guru dan angket siswa (2) design yaitu membuat rancangan kerangka multimedia interaktif yang dikemas secara skematis dalam bentuk flowchart dan storyboard (3) development merupakan produl awal multimedia interaktif dalam bentuk flash player dan sudah dilengkapi dengan instrument validasi ahli media ahli materi ahli praktisi dan angket respon siswa (4) implementation merupakan penerapan multimedia interaktif dengan subjek siswa kelas X MIA 4 MAN 1 Malang untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah vi menggunakan multimedia interaktif dengan cara melakukan pretest dan postest (5) evaluation merupakan tahap uji coba multimedia interaktif kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap multimedia interaktif yang dikembangkan dengan cara melakukan perbaikan produk berdasarkan komentar dan saran dari siswa. Data dan hasil analisis data yang diperoleh digunakan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Hasil validasi ahli materi menunjukan bahwa produk dihasilkan termasuk dalam kategori valid dengan persentase 87 5%. Hasil validasi ahli media menunjukan bahwa produk dihasilkan termasuk dalam kategori valid dengan persentase 87 5%. Hasil validasi ahli praktisi lapangan menunjukan bahwa produk dihasilkan termasuk dalam kategori valid dengan persentase 92 5%. Rerata hasil uji kepraktisan yang didapatkan dari hasil angket respon siswa diperoleh nilai persentase 88% yang secara teoritis menunjukan bahwa multimedia interaktif pada materi protista termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji keefektifan dalam menggunakan multimedia interaktif pada materi protista yang diperoleh dari hasil rerata nilai pretest sebesar 74 % dan rerata nilai postest sebesar 85 % menunjukan peningkatan nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif sebesar 15%. Berdasarkan hasil uji keefektifan tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif efektif untuk digunakan dalam pembelajaran protista.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77752

Actions (login required)

View Item View Item