Pengembangan instrumen asesmen berbasis literasi sains dalam pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman tumbuhan untuk mengukur hasil belajar siswa di SMAN 1 Srengat / Lelly Luckitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen berbasis literasi sains dalam pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman tumbuhan untuk mengukur hasil belajar siswa di SMAN 1 Srengat / Lelly Luckitasari

Luckitasari, Lelly (2019) Pengembangan instrumen asesmen berbasis literasi sains dalam pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman tumbuhan untuk mengukur hasil belajar siswa di SMAN 1 Srengat / Lelly Luckitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Darmayanti D. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Keanekaragaman Tumbuhan Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Keterampilan Proses Sains Hasil Belajar Kurikulum 2013 menekankan bahwa model pembelajaran untuk mem-perkuat pendekatan ilmiah perlu diterapkan pembelajaran berbasis inkuiri. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dan observasi menunjukkan bahwa RPP guru telah menggunakan inkuiri tetapi dalam penerapannya di kelas belum tercapai. Keterampilan proses sains siswa juga belum dilakukan penilaian oleh guru. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa silabus RPP LKS dan instrumen penilaian berbasis inkuiri terbimbing sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran disesuaikan dengan model Thiagarajan (4D) yang terdiri dari 4 tahap namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu Develop. Perangkat pembelajaran berupa silabus RPP LKS dan instrumen penilaian yang dikembangkan divalidasi oleh ahli perangkat pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan. Implementasi dilakukan kepada siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMAN 1 Gondanglegi sejumlah 52 anak. Selanjutnya dilakukan uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil validasi ahli perangkat pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan terhadap perangkat pembelajaran silabus sebesar 94 3% RPP sebesar 91 2% LKS sebesar 98 4% dan instrumen penilaian sebesar 96 5%. Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kiteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan berdasarkan lembar keterlaksanaan pembelajar-an dan angket respon siswa menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki kategori sangat praktis dengan persentase masing-masing 97 2% dan 88 7%. Skor rerata sikap 52 siswa yaitu sebesar 93% rerata ulangan harian sebesar 80 75% rerata aspek keterampilan siswa sebesar 91 37% dan rerata keterampilan proses sains siswa sebesar 95 7%. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka termasuk dalam kategori sangat efektif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran materi keanekaragaman tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran yang selanjutnya perlu memperhatikan saran (a) pengembangan perangkat pada materi pelajaran yang lebih luas (b) untuk meningkatkan kevalidan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran dapat dilakukan ujicoba pada skala yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77750

Actions (login required)

View Item View Item