Pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map-Group Investigation (REMAP-GI) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang / Dewi Karomika

Karomika, Dewi (2019) Pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map-Group Investigation (REMAP-GI) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang / Dewi Karomika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Karomika, Dewi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map-Group Investigastion (Remap-GI) terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M. Pd., (II) Dr. Sri Rahayu Lestari, M. Si. Kata Kunci: keterampilan berpikir, hasil belajar kognitif, keterampilan pemecahan masalah, Remap-GI Keterampilan berpikir dan keterampilan pemecahan masalah merupakan keterampilan yang penting untuk dikembangkan dalam pendidikan abad 21. Keterampilan berpikir pada siswa perlu dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Selain itu, berpikir juga diperlukan untuk memecahkan masalah kehidupan yang kompleks sehingga diharapkan siswa memiliki keterampilan pemecahan masalah untuk bekal masa depan. Namun, faktanya keterampilan berpikir dan pemecahan masalah siswa masih rendah ditandai dengan pencapaian hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan pemecahan masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang menunjang, yaitu Reading Concept Map-Group Investigation (Remap-GI). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Remap-GI terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA BSS, dan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Remap-GI terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa kelas X SMA BSS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimental design. Bentuk desain yang digunakan adalah non-equivalent pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA BSS. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknis analisis data menggunakan analisis data kuantitatif melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis anakova. Hasil penelitian ini yaitu: (1) ada pengaruh model pembelajaran Remap-GI terhadap hasil belajar kognitif siswa ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa pada kelas kontrol, (2) ada pengaruh model pembelajaran Remap-GI terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77749

Actions (login required)

View Item View Item