Kajian hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif pada beberapa model pembelajaran / Tia Kusniawati

Kusniawati, Tia (2019) Kajian hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif pada beberapa model pembelajaran / Tia Kusniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Kusniawati, Tia. 2019. Kajian Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Kognitif pada Beberapa Model Pembelajaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. A.D. Corebima, M.Pd., (II) Dr. Murni Saptasari. Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, nilai korelasi. Keterampilan berpikir kritis merupakan aspekyang perlu dikembangkan pada siswa melalui proses pembelajaran yang berkualitas khususnya untuk mengembangkan keterampilan abad 21. Keterampilan berpikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar kogitif, sehingga terdapat hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif. Penelitian mengenai hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pada berbagai model pembelajaran sudah banyak, namun belum ada yang mengungkap gambaran keseluruhan dari hubungan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) melihat gambaran nilai korelasi antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif pada berbagai model pembelajaran, 2) mengungkap fakta yang berpengaruh terhadap nilai korelasi antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif terebut apakah terkait dengan model pembelajaran atau kondisi lain. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei dilakukan dengan menggunakan kajian meta analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh artikel publikasi, skripsi, tesis, disertasi yang ada di Universitas Negeri Malang yang mengkaji hubungan Keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar penelitian memiliki nilai yang signifikan. Gambaran nilai korelasi pada jenjang SMP yaitu 0.560-0.985, pada jenjang SMA 0.501-1.00, dan pada jenjang perguruan tinggi sebesar 0.774-0.825. 2) data yang tidak signifikan kemungkinan dikarenakan kesalahan pemasukan data dan terjadinya heterokedastisitas. Faktor yang mempengaruhi nilai korelasi selain adanya model pembelajaran yaitu jenjang pendidikan, kondisi lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran nilai korelasi pada hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif. Pada semua model pembelajaran sebagian besar menunjukka adanya hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar. Kesimpulannya dalam suatu pembelajaran sebaiknya menggunakan pembelajaran inovatif karena mempengaruhi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kritis ini memiliki sumbangan dalam menjelaskan hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77745

Actions (login required)

View Item View Item