Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek materi animalia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif-inovatif dan hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 2 Batu / Difandini Rizky Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek materi animalia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif-inovatif dan hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 2 Batu / Difandini Rizky Firdaus

Firdaus, Difandini Rizky (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek materi animalia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif-inovatif dan hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 2 Batu / Difandini Rizky Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdaus Difandini Rizky. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Animalia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif-Inovatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMAN 2 Batu. Skripsi. Prodi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati M. Si. (II) Dr. Umie Lestari M. Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran berbasis proyek PjBL kemampuan berpikir kreatif-inovatif animalia Perangkat pembelajaran merupakan perlengkapan yang harus ada dalam pembelajaran yang meliputi pedoman pembelajaran bahan ajar media pembelajaran dan asesmen yang dilengkapi instrumen penilaian. Perangkat pembelajaran secara keseluruhan berperan langsung dalam memengaruhi kemampuan guru dan siswa pada proses belajar mengajar. Hasil wawancara yang dilakukan pada guru Biologi di SMAN 2 Batu menunjukkan permasalahan guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang rinci dan mampu mengarahkan pada penerapan model pembelajaran di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang belum diterapkan secara maksimal adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hasil observasi yang dilakukan pada siswa adalah kurangnya bahan ajar dan metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 Batu tersebut dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat mengarahkan guru dan membantu siswa untuk ikut berperan aktif dalam pembelajaran serta meningkatkan kreatifitas dan keinovatifan siswa. Keterampilan kreatif-inovatif sangat dibutuhkan dan penting dimiliki oleh siswa agar dapat bersaing di Abad XXI ini secara unggul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis proyek berupa silabus RPP LKS UKBM dan asesmen formatif yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif-inovatif siswa. (2) menguji kevalidan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Perangkat pembelajaran yang dibuat terbatas pada KD Animalia sehingga diperuntukkan untuk kelas X MIPA jenjang SMA. Produk perangkat pembelajaran berbasis proyek dikembangkan melalui model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analyze (analisis) Design (desain) Develop (pengembangan) Implement (penerapan) dan Evaluate (evaluasi). Spesifikasi produk perangkat pembelajaran berbasis proyek adalah silabus RPP LKS UKBM asesmen kognitif berupa soal tes kognitif asesmen afektif berupa angket tes sikap dan asesmen psikomotorik berupa instrumen keterampilan dengan rubrik keterampilan berpikir kreatif-inovatif. Model yang digunakan untuk menerapkan pembelajaran Animalia adalah PjBL sehingga pada semua komponen perangkat pembelajaran berbasis proyek memuat sintaks PjBL dan indikator berpikir kreatif-inovatif. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas XI MIPA sebagai subjek uji coba kelompok kecil yang telah menempuh KD Animalia dan 71 siswa kelas X MIPA yang belum menempuh KD Animalia. Perangkat pembelajaran berbasis proyek yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator sehingga dapat diketahui kelayakan produk. Hasil implementasi berupa nilai prates dan postes digunakan untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran berbasis proyek yang telah dikembangkan. Data hasil angket respons pengguna yaitu siswa sebagai pengguna LKS dan UKBM digunakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk yang telah dikembangkan. Validasi perangkat pembelajaran menggunakan skor dengan skala 1-4. Data hasil validasi ahli perangkat pembelajaran terhadap silabus adalah 3 89 (sangat valid) RPP 3 94 (sangat valid) LKS 3 95 (sangat valid) UKBM 3 95 (sangat valid) asesmen psikomotorik 4 (sangat valid) asesmen afektif 3 78 (sangat valid) dan asesmen kognitif 4 (sangat valid). Data hasil validasi ahli materi Zoologi untuk memvalidasi perangkat pembelajaran terhadap RPP adalah 3 71 (sangat valid) LKS 3 70 (sangat valid) UKBM 4 (sangat valid) dan asesmen kognitif 4 (sangat valid). Data hasil validasi oleh ahli praktisi lapangan yaitu guru Biologi SMAN 2 Batu terhadap silabus adalah 3 78 (sangat valid) RPP 3 78 (sangat valid) LKS 3 78 (sangat valid) UKBM 3 89 (sangat valid) asesmen psikomotorik 3 60 (sangat valid) asesmen afektif 3 89 (sangat valid) dan asesmen kognitif 3 784 (sangat valid). Berdasarkan hasil validasi tersebut maka perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan sangat layak atau sangat valid untuk diimplementasikan setelah dilakukan revisi terhadap saran dari validator. Angket respons pengguna siswa menggunakan skor dengan skala 1-4. Hasil angket dari respons pengguna yaitu 71 siswa terhadap LKS dan UKBM secara keseluruhan memiliki rerata sebesar 3 41 yang artinya sangat praktis untuk digunakan. Data hasil implementasi adalah berupa perbandingan skor prates dan postes pada tes kognitif dan tes afektif. Data pada tes kognitif dan afektif dianalisis menggunakan nilai normalisasi gain untuk mengetahui keefektifan tes yang digunakan. Tes kognitif menggunakan asesmen berupa soal diperoleh rerata nilai normalisasi gain sebesar 0 56 dalam kriteria sedang. sedangkan tes afektif menggunakan angket tes sikap diperoleh rerata nilai normalisasi gain sebesar 0 39 dalam kriteria sedang. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari tes kognitif dan afektif memiliki kriteria sedang atau efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Data keterampilan siswa diperoleh menggunakan lembar observasi keterampilan siswa yang menunjukkan hasil adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif-inovatif dari pertemuan pertama (1 82 dalam skala 1-4) dengan kriteria kurang baik hingga pertemuan keempat (3 49 dalam skala 1-4) sehingga dapat dikategorikan dalam kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek pada KD Animalia yang memuat sintaks PjBL dan indikator keterampilan berpikir kreatif-inovatif ini adalah produk yang dihasilkan oleh peneliti sangat valid sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif-inovatif dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77743

Actions (login required)

View Item View Item