Pengembangan soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII kompetensi dasar 3.4, 3.5, 3.6 dalam kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 1 Malang / Tri Putri Ayuni Febiyanti

Febiyanti, Tri Putri Ayuni (2019) Pengembangan soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII kompetensi dasar 3.4, 3.5, 3.6 dalam kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 1 Malang / Tri Putri Ayuni Febiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Febiyanti, Tri Putri Ayuni. 2019. Pengembangan Soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII Kompetensi Dasar 3.4, 3.5, 3.6 dalam Kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah I Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd, (II) Dra. Amy Tenzer, M.S. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Kemampuan berpikir kritis, Biologi SMA kelas XII, Kompetensi Dasar 3.4, 3.5, dan 3.6. Kurikulum 2013 adalah Kurikulum yang dirancang untuk memfasilitasi pencapaian kecakapan hidup di abad 21. Kompetensi siswa dalam pembelajaran diukur menggunakan instrumen penilaian. Instrumen penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah 30 soal pilihan ganda jawaban tunggal dengan lima pilihan jawaban. Soal pilihan ganda jawaban tunggal mengacu pada indikator pencapaian kompetensi dan indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan produk berupa soal pilihan ganda jawaban tunggal dari KD 3.4, 3.5, dan 3.6 untuk mengukur kemampuan berpikir kritis yang ditujukan untuk siswa kelas XII SMA Muhammadiyah I Malang, (2) menguji kelayakan, kepraktisan dan validitas empiris soal pilihan ganda jawaban tunggal dalam mengukur kemampuan berpikir kritis dari KD 3.4, 3.5, dan 3.6 yang ditujukan untuk siswa kelas XII SMA Muhammadiyah I Malang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Pengumpulan data diperoleh dari (1) hasil validitas logis oleh ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi lapangan, (2) hasil angket respon siswa dan guru, dan (3) hasil validitas empiris yang meliputi tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, dan analisis pengecoh dengan menggunakan program Anates versi 4. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 6 siswa dan pada uji coba kelompok besar dilakukan pada 33 siswa. Berdasarkan analisis validitas logis yang terdiri dari validitas isi dan konstruk pada instrumen penilaian ini telah valid (soal sesuai dengan isi materi pembelajaran serta kata kerja dalam soal sesuai dengan kata kerja pada indikator baik pada indikator kemampuan berpikir kritis maupun indikator soal). Berdasarkan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 92,42% (siswa yang setuju dengan pernyataan positif penulis dalam lembar angket) dan 7,58% (siswa yang tidak setuju dengan pernyataan positif penulis dalam lembar angket). Berdasarkan analisis validitas empiris dengan menggunakan program Anates versi 4 diperoleh hasil uji coba kelompok kecil pada soal pilihan ganda jawaban tunggal untuk tingkat kesukaran diperoleh kategori soal mudah 10%, soal sedang 63,33%, dan soal sukar 26,66% dengan rasio soal mudah: sedang: sukar yaitu 1: 6: 3. Daya beda pada uji coba kelompok kecil diperoleh daya beda kriteria tidak baik sebesar 10%, kriteria jelek 40%, ii kriteria baik sebesar 36,66%, dan kriteria baik sekali sebesar 13,33%. Analisis pengecoh diperoleh pengecoh yang berfungsi sebesar 33,33% dan tidak berfungsi sebesar 66,66%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil dilakukan revisi soal dan dilanjutkan dengan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil angket respon siswa uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata sebesar 94,49% (siswa yang setuju dengan pernyataan positif penulis dalam lembar angket) dan 5,51% (siswa yang tidak setuju dengan pernyataan positif penulis dalam lembar angket) serta angket respon guru diperoleh rata-rata 100% (guru setuju dengan pernyataan positif penulis dalam lembar angket). Berdasarkan analisis validitas empiris dengan menggunakan program Anates versi 4 diperoleh hasil uji coba kelompok besar diperoleh kategori soal mudah 10%, soal sedang 46,66%, dan soal sukar 43,33% sehingga menunjukkan rasio perbandingan mudah: sedang: sukar yaitu 1: 5: 4. Pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil persentase daya beda yaitu soal dengan kriteria tidak baik sebesar 13,33%, kriteria jelek 40%, kriteria cukup sebesar 10%, kriteria baik sebesar 33,33%, dan kriteria baik sekali sebesar 3,33%. Reliabilitas diperoleh nilai 0,41 artinya instrumen penilaian memiliki tingkat reliabilitas kategori sedang. Analisis pengecoh yang berfungsi sebesar 46,66% dan tidak berfungsi sebesar 53,33%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar dilakukan revisi akhir (final). Saran yang dianjurkan adalah sebaiknya guru dan peneliti lain terus melakukan validasi agar diperoleh instrumen penilaian yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77742

Actions (login required)

View Item View Item