Pengembangan media pembelajaran buletin flipbook interaktif materi sistem ekskresi ginjal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Lawang / Megah Sri Retno Apriliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran buletin flipbook interaktif materi sistem ekskresi ginjal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Lawang / Megah Sri Retno Apriliana

Apriliana, Megah Sri Retno (2019) Pengembangan media pembelajaran buletin flipbook interaktif materi sistem ekskresi ginjal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Lawang / Megah Sri Retno Apriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Apriliana M.S.R. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Flipbook Interaktif Materi Sistem Ekskresi Ginjal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMAN 1 Lawang. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si. M.Si. Kata Kunci buletin flipbook interaktif materi Sistem Ekskresi ginjal berpikir kritis hasil belajar kognitif. Pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan Kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan Scientific Approach atau pendekatan ilmiah. Scientific Approach merupakan salah satu pendekatan yang di dalamnya terdapat kegiatan mengamati menanya mengumpulkan data mengasosiasi mengomunikasikan. Kurikulum 2013 menekankan proses pembelajaran dalam kecakapan hidup abad 21. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN 1 Lawang pada tanggal 2-5 November 2018 diketahui bahwa (1) setiap kelas sudah dilengkapi dengan LCDproyektor (2) siswa difasilitasi dengan penggunaan HP sebagai alat untuk mencari informasi (3) guru sudah menggunakan media pembelajaran berupa PPT torso gambar (4) guru belum mahir menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi yang lain seperti flip flop edmodo dan lain-lain (5) menurut siswa KD materi sistem ekskresi ginjal seperti struktur dan fungsi sulit untuk dipahami karena banyak mengandung istilah ilmiah/asing dan pembelajaran bersifat hafalan (6) sumber belajar yang digunakan siswa beragam seperti buku paket dari pemerintah sumber internet seperti blogspot brainly dan pembelajaran online yang kebenaran informasinya tidak dapat dipertanggungjawabkan (7) selain itu pelaksanaan berpikir kritis siswa di kelas dilakukan dengan cara guru memberikan permasalahan atau soal-soal yang berkaitan dengan materi sistem ekskresi dengan level kognitif C1 dan C2. Siswa yang mencapai KKM sekitar 70% dengan ketuntasan klasikal yang dituntut oleh sekolah sekitar 85%. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mengajarkan materi sistem ekskresi yaitu dengan menggunakan metode diskusi informasi eksperimen dan tanya jawab sedangkan model pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya saat kegiatan praktikum saja. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMAN 1 Lawang bahwa sebelumnya buletin flipbook interactive belum pernah dikembangkan sehingga peneliti ingin menciptakan inovasi untuk mengemas materi semenarik mungkin dan menambah pemahaman siswa terhadap materi sistem ekskresi melalui pengembangan media pembelajaran buletin flipbook interaktif. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran flipbook interaktif pada mata pelajaran sistem ekskresi SMA kelas XI menggunakan model Research and Development Lee and Owens. Prosedur penelitian dan pengembangan Lee and Owens terdiri atas 4 tahap yang meliputi 1. Assesment/analysis yang terdiri dari need assesment dan Front-end analysis 2. Design 3. Development and Implementation 4. Evaluation. v Pengembangan media pembelajaran buletin flipbook interaktif diperoleh hasil validasi oleh ahli media diperoleh nilai 87 5% menunjukkan bahwa media termasuk kategori sangat valid dan layak untuk digunakan. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh nilai 91 25% menunjukkan bahwa media sangat valid dan layak digunakan. Hasil validasi oleh praktisi lapangan diperoleh nilai 96 67% menunjukkan bahwa media termasuk kategori sangat valid dan layak untuk digunakan. Hasil kepraktisan oleh siswa diperoleh nilai 92 01% kemudian untuk nilai keefektifan dan keterampilan berpikir kritis yang dianalisis menggunakan n-gain untuk hasil belajar kognitif diperoleh nilai 0 71 yang termasuk kategori tinggi dan untuk keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai 0 68 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77739

Actions (login required)

View Item View Item