Pratiwi, Mukti Nenis Dwi (2018) Pengembangan media pembelajaran standar lembar balik mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V di SDN Kedunggempol / Mukti Nenis Dwi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Pratiwi M. N. D. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Standar Lembar Balik Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V di SDN Kedunggempol. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Wedi M.Pd (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Standar Lembar Balik IPA Media pembelajaran standar lembar balik materi jenis batuan adalah media yang menyajikan gambar berseri tentang jenis batuan dengan cara membalik-balik gambar tersebut. Media pembelajaran standar lembar balik digolongkan sebagai media pembelajaran sederhana. Media pembelajaran standar lembar balik cukup mudah dalam proses pembuatannya . Media ini menampilkan gambar berseri yang penyajiannya dengan cara membalik-balik gambar seri tersebut. Tujuan dari pengembangan materi jenis batuan dengan media pembelajaran standar lembar balik ini yaitu menghasilkan produk media pembelajaran yang memilik kelayakan melalui uji validitas produk oleh ahli media ahli materi dan uji coba produk dalam pembelajaran di kelas V serta mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran standar lembar balik dalam proses pembelelajaran di kelas V materi jenis batuan melalui tes hasil belajar. Pada pengembangan ini menggunakan Model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahap (1) Analysis menganalisis kebutuhan mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan peserta didik dalam proses pembelajaran. (2) Design meliputi kegiatan penyusunan kerangka struktur isi pembelajaran IPA kelas V materi jenis batuan di SDN Kedunggempol serta menyusun desain media pembelajaran standar lembar balik . (3) Development mengembangkan apa yang telah direncanakan dalam tahap design. (4) Implementation dilakukan untuk menguji coba media pembelajaran standar lembar balik . (5) Evaluation dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan penggunaan media standar lembar balik. Hasil pengembangan media pembelajaran standar lembar balik materi jenis batuan mata pelajaran IPA kelas V ini memenuhi kriteria valid yaitu ahli media 93 33% ahli materi 100% uji coba perseorangan 96 66% uji coba kelompok kecil 96 33% dan uji coba klasikal 92 65% serta tes hasil belajar yang menunjukkan tingkat keberhasilan siswa memenuhi KKM 87 87%. Revisi produk pengembangan merupakan kesimpulan yang ditarik dari hasil analisis data baik dari ahli media dan ahli materi tentang produk yang divalidasikan sebagai dasar dalam perevisian. Berdasarkan angket yang diberikan kepada ahli media tersebut diperoleh tanggapan (a) Tujuan pembelajaran dan indikator dalam buku petunjuk penggunaan disesuaikan dengan RPP yang dibuat. Berdasarkan angket yang diberikan kepada ahli materi tersebut diperoleh tanggapan (a) Penggunaan standar lembar balik sangat baik dan menarik bagi siswa sehingga dapat membuat siswa senang dalam mempelajari materi tersebut. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajran standar lembar baik mata pelajaran IPA materi jenis batuan kelas V maka pengembang memberikan saran bagi pengembang berikutnya agar memilih tampilan gambar yang lebih jelas ii dan menarik lagi penjelasan materi yang lebih kongkrit dan mudah dipahami siswa ukuran media yang lebih besar agar tampilan lebih jelas untuk seluruh siswa di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/777 |
Actions (login required)
View Item |