Pengembangan media pop-up-book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo / Handaruni Dewanti

Dewanti, Handaruni (2018) Pengembangan media pop-up-book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo / Handaruni Dewanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Dewanti, Handaruni. 2018. Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Anselmus J. E. Toenlioe, M.Pd, (II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Lingkungan Tempat Tinggalku Media pembelajaran adalah sangatlah penting dalam suatu pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada tanggal 9 April 2017 terhadap guru kelas IV di SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo, menunjukkan bahwa selama ini penyampaian materi dalam suatu tema kurang maksimal. Siswa sering tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Penyebabnya adalah guru jarang menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi. Pada pembelajaran Tematik subtema Lingkungan Tempat Tinggalku misalnya, guru hanya menggunakan peta Indonesia sebagai media pembelajaran untuk menunjukkan batas-batas wilayah, sehingga siswa kekurangan pengetahuan khususnya tentang lingkungan tempat tinggal, karena siswa belum pernah melihat peta Ponorogo secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media Pop-Up Book untuk pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV di SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo yang valid. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural yang dikembangkan oleh Dick & Carey yang terdiri atas 10 langkah, yaitu analisis kebutuhan dan tujuan, analisis pembelajaran, analisis pembelajar dan konteks, merumuskan tujuan performansi, mengembangkan instrumen, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif, melakukan revisi, evaluasi sumatif (Setyosari, 2013:230-235). Kajian produk berdasarkan hasil validasi media kepada validator, diperoleh presentase 95.71% dari validasi ahli media, 94.93% dari ahli materi, 95.17% dari ahli pengguna (guru), dan 95% dari uji coba pengguna (siswa). Hasil validasi secara keseluruhan yaitu 95.20% dengan kriteria ÔÇ£Sangat ValidÔÇØ, maka media ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Tematik pada sutema Lingkungan Tempat Tinggalku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item