Pengembangan suplemen augmented reality video pada modul bahasa isyarat mata kuliah speech therapy untuk mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang / Novi Dwi Hapsari

Hapsari, Novi Dwi (2018) Pengembangan suplemen augmented reality video pada modul bahasa isyarat mata kuliah speech therapy untuk mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang / Novi Dwi Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hapsari, Novi Dwi. 2018. Pengembangan Suplemen Augmented Reality Video pada Modul Bahasa Isyarat Mata Kuliah Speech Therapy untuk Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Anselmus J. E. Toenlioe, M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T. Kata kunci: Pengembangan, Suplemen, Augmented Reality, Video, Bahasa Isyarat Pembelajaran menggunakan media modul terkadang masih membuat pebelajar kesulitan dalam memahami materi pada modul tersebut. Apalagi jika materi yang terdapat dalam modul berupa demonstrasi yang membutuhkan penjelasan lebih dari sekedar gambar. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan pada modul bahasa isyarat adalah gambar yang menunjukkan cara membentuk sebuah isyarat. Untuk membuat sebuah isyarat diperlukan beberapa gerakan tangan dan badan. Namun, tidak semua orang bisa mengikuti dengan baik apa yang tergambar di dalam modul. Maka untuk mempermudah mahasiswa dalam memvisualisasikan dan memahami gambar yang terdapat di dalam modul, dibutuhkan sebuah media pembelajaran, yaitu suplemen augmented reality video pada modul bahasa Isyarat. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk suplemen Augmented Reality video pada modul bahasa Isyarat yang valid dan layak digunakan untuk pembelajaran mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Universitas Neger Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan oleh William W. Lee dan Diana L. Owens (2004). Model pengembangan ini digunakan oleh pengembang karena model ini dikhususkan untuk pengembangan multimedia serta memiliki tahap-tahap bersifat prosedural yang lengkap meliputi: (1) analisis (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, pengembang melakukan hanya sampai tahap pengembangan. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Luar Biasa offering B angkatan 2017 yang akan menempuh mata kuliah Speech Therapy. Produk hasil pengembangan ini telah diuji kevalidannyanya ke ahli media, ahli materi serta audiens (mahasiswa) dan mendapatkan hasil dengan kategori valid. Persentase dari hasil validasi adalah sebagai berikut: validasi dari ahli media 96,25%, validasi dari ahli materi 92,5%, hasil uji coba audiens 88,02%. Berdasarkan hasil uji kevalidan yang telah dilakukan, terdapat beberapa saran pada media dari ahli materi tentang perubahan urutan materi di dalam modul. Kemudian audiens (mahasiswa), yaitu dalam memperbesar volume audio. Saran tersebut telah dilakukan pengembang untuk merevisi produk, dengan cara memproduksi ulang terutama pada bagian modul dan suara dalam video. Disarankan bagi pengembang selanjutnya, dalam mengembangkan produk agar lebih memperhatikan dalam penyusunan modul dan volume audio. Agar mahasiswa dapat menyimak dan memahami modul serta video dengan lebih mudah dan jelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item