Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi dalam Membangun Karakter Siswa di SDN Lowokwaru 2 Malang / Nia Hidayati

Hidayanti, Nia (2018) Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi dalam Membangun Karakter Siswa di SDN Lowokwaru 2 Malang / Nia Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayanti, Nia. 2018. Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi dalam Membangun Karakter Siswa di SDN Lowokwaru 2 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Zainul Abidin, M.Pd., (II) Arafah Husna, S.Pd., M.Med.Kom. Kata Kunci: pendidikan lingkungan hidup, kurikulum, muatan lokal ekopedagogi, membangun karakter siswa Muatan lokal ekopedagogi Pendidikan Lingkungan Hidup merupakan salah satu program kurikuler di SDN Lowokwaru 2 dimana didalamnya ditanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan. Pendidikan Lingkungan Hidup diberikan pada siswa agar terbentuk karakter peduli lingkungan dan lingkungan sekolah yang kondusif sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan, isi, sumber belajar, proses pembelajaran, dan penilaian pembangunan karakter dari kurikulum muatan lokal ekopedagogi Pendidikan Lingkungan Hidup di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan uji kredibitasi dan uji dependability. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, penginterpretasian data, dan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh kesim bahwa : (1) Tujuan kurikulum muatan lokal ekopedagogi PLH di sekolah ini adalah membekali siswa supaya bertanggung jawab dalam kegiatan pelindungan, pelestarian, dan pencegahan perusakan lingkungan dan sumber daya alam, serta pelestarian fungsi lingkungan di sekolah, serta menerapkan sekolah berbudaya peduli lingkungan (2) Isi kurikulum muatan lokal ekopedagogi Pendidikan Lingkungan Hidup adalah pengintegrasian materi mengenai lingkungan hidup dalam indikator pembelajaran dan kegiatan pembelajaran di berbagai mata pelajaran yang sesuai. (3) Sumber belajar yang digunakan pada saat Pendidikan Lingkungan Hidup adalah buku tematik, lingkungan sekitar, dan teladan perilaku guru (4) Proses pembelajaran muatan lokal ekopedagogi Pendidikan Lingkungan Hidup di SDN Lowokwaru 2 dilakukan secara terintegrasi pada mata pelajaran lain dengan pelaksanaannya di dalam kelas, diluar kelas, dan di luar sekolah (outing class). Metode pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran muatan lokal ekopedagogi PLH adalah metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan metode lainnya seperti permainan dan bermain peran. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah whiteboard, spidol, penghapus, laptop, LCD, dan media pembelajaran asli yang diambil dari lingkungan. Namun, penggunaan media pembelajaran di SDN Lowokwaru 2 belum dilaksanakan secara optimal. Hukuman siswa apabila dalam proses pembelajaran melakukan pelanggaran berupa teguran atau hukuman ringan untuk membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan. (5) Penilaian pembangunan karakter siswa dalam muatan lokal ekopedagogi Pendidikan Lingkungan Hidup di SDN Lowokwaru 2 menggunakan penilaian otentik yang diambil dari nilai tugas, laporan, dan pengamatan kepada setiap siswa mengenai Pendidikan Lingkungan Hidup menggunakan catatan anekdot yang pada akhirnya dapat disimpulkan dalam bentuk pernyataan kualitatif dan dapat dideskripsikan di rapot. Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini diantaranya bagi pemerintah diharapkan tidak sering berganti panduan penulisan rapot Kurikulum 2013 yang menyebabkan guru harus berulang kali mempelajari panduan sehingga waktu penulisan rapot tidak terbuang untuk pemahaman penulisan rapot saja, bagi guru SDN Lowokwaru 2 sebaiknya lebih sering menggunakan media pembelajaran yang bervariatif dan sumber belajar langsung dari lingkungan saat pembelajaran muatan lokal ekopedagogi Pendidikan Lingkungan Hidup agar tidak terpaku pada buku tematik saja, untuk penilaian pembangunan karakter dengan menggunakan penilaian autentik yang dirasa memberatkan guru sebaiknya diatasi dengan persiapan pembelajaran mulai dari RPP hingga evaluasi pembelajaran yang diperhitungkan dan dipersiapkan secara matang dari awal agar penilaian autentik tidak dirasa menjadi kendala lagi bagi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item