Nazihah, Roidatun (2018) Penerapan metode pembelajaran resitasi-debat pada mata pelajaran fiqih materi khamr terhadap kemampuan presentasi siswa kelas XI di MAN 2 Blitar / Roidatun Nazihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Nazihah Roidatun. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi-Debat Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Khamr Terhadap Kemampuan Presentasi Siswa Kelas XI Di Man 2 Blitar.Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Zainul Abidin M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom. Kata Kunci Metode Resitasi Debat Fiqih Presentasi Metode pembelajaran Resitasi-Debat dalam penelitian ini merupakan penggabungan dari 2 metode yang berbeda. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi permasalahan yang diperoleh yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut khususnya berkomunikasi secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan metode resitasi-debat dalam upaya meningkatan kemampuan presentasi siswa. Dalam penelitian ini mengambil materi Hudud sub minum khamr pada mata pelajaran Fiqih. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Pra-eksperimen One Shot Case Study yaitu dengan subyek penelitian kelas XI Agama. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Blitar. Kelas XI Agama berjumlah 39 siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan metode resitasi-debat dan kelas kontrol dengan pembelajaran ceramah dan diskusi. Variable penelitian yang digunakan adalah variable bebas yaitu penerapan metode resitasi-debat dan variable terikat yaitu kemampuan presentasi siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Hudud siswa kelas XI Agama di MAN 2 Blitar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasi dengan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan skor persentase untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan. Hasil Analisis data yang diketahui dari hasil observasi di kelas eksperimen dalam proses penerapan metode resitasi debat diperoleh nilai rata-rata 84 6 %. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria baik sekali. Sedangkan pada kelas control dalam proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 69 1 % termasuk dalam kriteria cukup. Penerapan metode resitasi debat terhadap kemampuan presentasi siswa kelas XI Agama pada mata pelajaran Fiqih materi Khamr di MAN 2 Blitar diperoleh hasil dalam kriteria baik sekali . Sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan pembelajaran ceramah dan diskusi diperoleh hasil dalam kriteris Cukup .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/773 |
Actions (login required)
View Item |