Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang / Siti Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang / Siti Rohmawati

Rohmawati, Siti (2018) Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang / Siti Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmawati Siti. 2018. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Saintifik Pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Pendekatan saintifik merupakan salah satu pendekatan yang digunakan pada kurikulum 2013. Pendekatan saintifik adalah pendekatan atau suatu pembelajaran yang alamiah karena pembelajaran tersebut memiliki tahapan-tahapan untuk mengembangkan sikap pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan ini lebih kepada pemberdayaan potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Begitu banyak proses kegiatan pembelajaran pada pendekatan saintifik membuat guru harus lebih bekerja keras untuk dapat membuat siswanya aktif dalam belajar. Pelajaran IPA merupakan merupakan salah satu bidang ilmu yang penting untuk dipelajari oleh siswa. Pembelajaran IPA masih menekankan pada konsep yang terdapat di buku dan belum mengajak siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan secara maksimal. Hal ini membuat siswa menjadi bosan. MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ada dilumajang sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Nurul Masyithoh Lumajang. Dan juga sekolah ini berada dibawah naungan Departemen Agama. Sekolah menerapkan kurikulum 2013 sebagai acuan untuk pembelajaran. Serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik. Penelitian ini mencakup aspek perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel penelitian merupakan guru mata pelajaran IPA serta siswa kelas VIIIA dan VIIIB di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara pengumpulan angket serta dokumentasi. Data yang didapatkan merupakan data perhitungan angket yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan penelitian ini yaitu 1) Perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh memperoleh presentase sebesar 100% dikategorikan sangat baik. Guru mencoba membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan buku pegangan guru edisi revisi 2017. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh memperoleh presentase 85% dikategorikan sangat baik. Guru mencoba melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan buku pegangan guru edisi revisi 2017. 3) Penilaian pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh memperoleh presentase 88 89% dikategorikan sangat baik. Guru mencoba menggunakan penilaian pembelajaran sesuai dengan buku pegangan guru edisi revisi 2017. 4) Hambatan yang dialami guru saat pembelajaran yakni banyak peserta didik membuat guru kesulitan untuk mengawasi dan mengatur saat diskusi. Upaya yang dilakukan oleh guru adalah membuat diskusi dengan berkelompok kecil. Siswa kurang berani bertanya dalam kondisi klasikal. Upaya yang dilakukan guru yaitu menunjuk anak yang kurang aktif sehingga anak tersebut memiliki keberanian untuk menayakan hal yang belum dimengerti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA di MTs putri nurul masyithoh lumajang telah terlaksana dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item