Sikap dan minat siswa terhadap Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) berdasarkan perbedaan gender pada siswa SMP Negeri di Kota Malang / Annisah Indah Sukmana

Sukmana, Annisah Indah (2020) Sikap dan minat siswa terhadap Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) berdasarkan perbedaan gender pada siswa SMP Negeri di Kota Malang / Annisah Indah Sukmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sukmana, Annisah I. 2018. Sikap dan Minat Siswa terhadap Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) berdasarkan Perbedaan Gender pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si Kata kunci: sikap, minat, STEM Penemuan di bidang sains dan teknologi mendorong kemajuan besar bagi kehidupan manusia pada abad 21 ini. Berbagai temuan tersebut meningkatkan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan di bidang Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Pendidikan yang baik dalam bidang STEM diperlukan agar siswa dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja tersebut. Sikap dan minat siswa dalam mempelajari STEM perlu diketahui sejak dini agar siswa dapat belajar STEM sesuai dengan kebutuhannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan tersebut di masa depan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap dan minat siswa berdasarkan perbedaan gender beserta fakor yang mempengaruhi sikap siswa. Berdasarkan penelitian terdahulu, sikap dan minat siswa terhadap STEM akan berbeda berdasarkan gender.Penelitian ini dilakukan di kota Malang, dengan menggunakan sampel 500 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran angket berskala Likert. Analisis data uji T tidak berpasangan, uji Mann-Whitney dan juga statistika deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan nilai p> 0,05 yang berarti bahwa pada bidang sains, matematika dan STEM tidak terdapat perbedaan sikap yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan. Sedangkan pada bidang teknik dan teknologi terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan. Berdasarkan analisis data pada minat siswa terhadap STEM menggunakan uji Mann-Whitney, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan ditunjukkan dengan nilai p 0.094 (p>0,05). Namun setelah dianalisis lebih mendalam terkait minat matapelajaran, minat studi lanjutan dan karir di masa depan, terdapat perbedaan antara minat siswa laki-laki dan perempuan. Siswa perempuan memiliki minat matapelajaran yang lebih tinggi dari siswa laki-laki pada bidang ilmu pengetahuan alam. Siswa laki-laki lebih berminat melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sementara siswa perempuan lebih berminat melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurusan di SMA yang diminati siswa laki-laki dan perempuan yaitu jurusan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Jurusan di SMK yang paling diminati oleh siswa laki laki yaitu teknologi dan rekayasa, teknologi informasi dan komunikasi, bisnis dan manajemen, seni rupa dan kriya, dan juga seni pertunjukkan. Jurusan SMK yang paling diminati oleh siswa perempuan yaitu jurusan pariwisata, bisnis dan manajemen, seni rupa dan kriya, seni pertunjukan, dan juga jurusan kesehatan. Karir dimasa depan yang paling diminati oleh siswa laki-laki adalah pada bidang teknologi dengan rerata sebesar 13,58%. Karir di masa depan yang paling diminati oleh siswa perempuan adalah pada bidang matematika sebesar 13,21%. Penilaian pada diri sendiri dan kenalan pada bidang STEM tidak mempengaruhi sikap siswa terhadap STEM. Hal tersebut ditunjukkan dengan p >0,05 setelah dianalisis menggunakan uji beda Spearman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77028

Actions (login required)

View Item View Item