Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis model learning cycle 5E pada materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk siswa SMP kelas VIII / Nariya Ulfa Ali

Ali, Nariya Ulfa (2020) Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis model learning cycle 5E pada materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk siswa SMP kelas VIII / Nariya Ulfa Ali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ali, Nariya Ulfa. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS)Berbasis Learning Cycle 5E pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sulisetijono, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS), model learning cycle 5E, struktur dan fungsi tumbuhan. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini didasari oleh kurangnya sumber belajar penunjang dan rendahnya aktivitas siswa pada materi Struktur dan FungsiTumbuhan di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Sulitnya materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan membuat media dan metode yang mendukung pembelajaran sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKS berbasis learning cycle 5E pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk siswa SMP Kelas VIII yang terdiri dari LKS siswa dan LKS guru, serta menguji kevalidan dan kepraktisan LKS yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) oleh Thiagardjan, dkk. (1974), namun hanya sampai tahap develop saja. Kelayakan LKS diuji oleh validator ahli perangkat pembelajaran, ahli materi dari jurusan Biologi Universitas Negeri Malang, dan ahli praktisi lapangan dari guru IPA SMP Muhammadiyah 1 Malang melalui lembar validasi. Uji kepraktisan dilakukan oleh 15 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang melalui angket respon siswa. Hasil validasi oleh ahli perangkat pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 95,3% (sangat valid) untuk LKS siswa dan 89,6% (sanagt valid) untuk LKS guru. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase sebesar 77,8% untuk LKS siswa dan 77,8% (valid) untuk LKS guru 77,8% (valid). Hasil validasi oleh ahli praktisi lapangan menunjukka persentase sebesar 94,9% (sangat valid) untuk LKS siswa dan 95,9% (sangat valid) untuk LKS guru. Hasil uji kepraktisan oleh siswa menunjukkan persentase sebesar 84,3% (praktis). Berdasarkan data tersebut, LKS yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77027

Actions (login required)

View Item View Item