Hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap perilaku siswa dalam literasi lingkungan di SMA Negeri 8 Malang / Intan Ayu Idha Wulandari

Wulandari, Intan Ayu Idha (2020) Hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap perilaku siswa dalam literasi lingkungan di SMA Negeri 8 Malang / Intan Ayu Idha Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulandari, Intan Ayu Idha. 2019. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Siswa dalam Literasi Lingkungan di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, M.Si. Kata Kunci: pengetahuan, sikap, perilaku, literasi lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan rancangan korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap terhadap literasi lingkungan di SMA Negeri 8 Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 272 siswa yang terdiri dari jurusan MIPA dan IPS baik kelas X, XI, dan XII. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar angket kepada sampel yang diberikan di awal pembelajaran dan dikembalikan di akhir pembelajaran. Angket penelitian ini diadaptasi dari soal tes Middle School Environmental Literacy Survey/Instrument (MSELS). Hasil analisis data yang diperoleh yakni pengetahuan siswa berdasarkan tingkatan kelas bahwa semakin tinggi tingkatan kelas maka cenderung semakin bagus pengetahuannya, sedangkan ditinjau dari jurusannya bahwa jurusan MIPA lebih baik daripada jurusan IPS. Sikap siswa berdasarkan tingkatan kelas diketahui bahwa semakin tinggi tingkatan kelas maka cenderung semakin rendah sikapnya, sedangkan berdasarkan jurusan MIPA dan IPS diketahui bahwa Jurusan MIPA cenderung lebih baik dibandingkan dengan jurusan IPS. Perilaku siswa berdasarkan tingkatan kelas diketahui bahwa kelas XI cenderung memiliki perilaku yang paling rendah di antara kelas X dan XII, kelas XII cenderung memiliki perilaku paling baik di antara kelas X dan XI, sedangkan berdasarkan jurusan MIPA dan IPS diketahui bahwa jurusan MIPA perilakunya lebih baik daripada jurusan IPS. Berdasarkan pola hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku diketahui bahwa sumbangan efektif yang paling besar terhadap perilaku adalah sikap, sedangkan pengetahuan harus bersama-sama dengan sikap untuk mempengaruhi perilaku secara efektif. Hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku tidak stabil disebabkan oleh beberapa faktor yakni faktor ekonomi, faktor panutan, faktor sangsi, dan faktor kebiasaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77026

Actions (login required)

View Item View Item