Pengembangan sistem pengelolaan perpustakaan digital di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Maya Sukmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem pengelolaan perpustakaan digital di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Maya Sukmawati

Sukmawati, Maya (2018) Pengembangan sistem pengelolaan perpustakaan digital di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Maya Sukmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sukmawati Maya. 2014. Pengembangan Sistem Pengelolaan Perpustakaan Digital di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe M.Pd (2) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata kunci Perpustakaan Digital Teknologi Pendidikan Sumber belajar adalah segala macam sumber yang ada diluar diri seseorang dan memungkinkan terjadinya proses belajar. Salah satu sumber belajar Pada jenis lingkungan adalah Perpustakaan. Setiap universitas memiliki perpustakan yang dijadikan sumber belajar oleh dosen dan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan akan ilmu pengetahuan. Di jurusan Teknologi Pendidikan memiliki fasilitas perpustakaan dan memiliki fasilitas teknologi yang memadai akan tetapi kurangnya staf pustakawan di jurusan teknologi pendidikan menjadikan pengelolaan perpustakaan kurang maksimal. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pengembangan sistem pengelolaan perpustakaan digital di jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan digital dengan memanfaatkan perangkat SLiMS di jurusan TEP FIP UM agar perpustakaan dijurusan dapat bermanfaat bagi warga TEP dan berfungsi dengan maksimal. Mengetahui validitas dari web perpustakaan digital di jurusan Teknologi Pendidikan FIP UM sebagai media memiliki kualifikasi media yang valid sebagai media untuk meningkatkan aktifitas pembelajaran dan memberikan kemudahan mencari buku atau literatur bagi mahasiswa TEP FIP UM. Menghasilkan panduan standar penggunaan perpustakaan digital bagi administrator dan user dijurusan TEP FIP UM. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan Davidson-Shivers Rasmussen. Secara keseluruhan model ini merupakan metode pengembangan yang memiliki karakteristik yang dominan pada pengembangan berbasis web. Metode pengembangan desain media perpustakaan digital model Davidson-Shivers Rasmussen memiliki fase-fase pengembangan antara lain Analisa Rencana evaluasi Fase serentak yang meliputi desain pengembangan sistim ujicoba dan implementasi dan evaluasi formatif. Implementasi menyeluruh Evaluasi formatif dan penelitian. Peneliti mengumpulkan data menggunakan angket kepada mahasiswa Teknologi Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perpustakaan digital dengan memanfaatkan perangkat lunak SLiMS mampu membantu dalam pengelolaan perpustakaan di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Pendidikan Universitas negeri Malang. Anggota perpustakaan lebih mudah dalam mengakses ketersediaan koleksi buku-buku yang disediakan di perpustakaan di mana saja melalui akses internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item View Item