Pengembangan media animasi untuk pembelajaran sains kelas V semester 1 pokok bahasan alat peredaran darah pada manusia di SD Negeri Kauman II Malang / Lianita Hamdayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi untuk pembelajaran sains kelas V semester 1 pokok bahasan alat peredaran darah pada manusia di SD Negeri Kauman II Malang / Lianita Hamdayani

Hamdayani, Lianita (2010) Pengembangan media animasi untuk pembelajaran sains kelas V semester 1 pokok bahasan alat peredaran darah pada manusia di SD Negeri Kauman II Malang / Lianita Hamdayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa sebagai dasar intelektual manusia merupakan kapabilitas yang membuat kita mampu berkomunikasi belajar berpikir berkarya memberikan penilaian dan mengembangkan nilai-nilai.Sebagai bahasa yang digunakan oleh lebih dari separuh penduduk dunia Bahasa Inggris siap berperan sebagai bahasa global yang mampu menjembatani segala kepentingan di berbagai bidang. Di samping berperan sebagai bahasa ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Bahasa Inggris dapat menjadi alat untuk mencapai tujuan ekonomi perdagangan tujuan antar bangsa sosial budaya pendidikan dan tujuan pengembangan karir. Pembelajaran bahasa Inggris bukan semata-mata sebaiknya menyenangkan tetapi seharusnya menyenangkan. Mengingat esensi pembelajaran bahasa adalah komunikasi yaitu kemampuan menyampaikan dan menerima pesan dalam bahasa target yang dipelajari sehingga selain program individual dan kelompok pengelolaan pembelajaran diarahkan pada kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk mendorong terjadinya interaksi antar siswa dan memupuk penggunaan bahasa secara kreatif. Pembelajaran unsur-unsur bahasa ditujukan untuk mendukung penguasaan dan pengembangan keterampilan bahasa dan bukan untuk penguasaan unsur-unsur bahasa itu sendiri.Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa animasi pembelajaran yang telah melalui proses validasi pada mata pelajaran Pembelajaran sains kelas V semester 1 di SD Negeri Kauman II Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi pengembangan media animasi pembelajaran kepada ahli media dan ahli materi kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui tingkat kevalidan media animasi pembelajaran. Hasil pengembangan media animasi pembelajaran untuk mata pelajaran pembelajaran sains kelas V semester 1 SD ini memenuhi criteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 82 7% dan ahli materi mencapai tingkat kevalidan 89 28% sementara dari hasil audiens/siswa mencapai tingkat kevalidan 91 6% dan menurut data dari hasil belajar skor pre-test dan post-test mencapai tingkat keefektifan 100%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran untuk mata pelajaran pembelajaran sains kelas V semester 1 SD ini layak/valid digunakan sebagai media pembelajaran. Saran bagi guru adalah Media animasi pembelajaran ini hanya memakai materi pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan Things at Class and Home sehingga hanya cocok sebagai media tambahan untuk materi tersebut. Saran bagi siswa media animasi pembelajaran ini dapat dipakai sebagai media alternative pembelajaran selain buku pelajaran. Dan bagi pengembang selanjutnya media ini telah valid oleh karena itu dalam pengembangan media selanjutnya sebaiknya mengganti materi pelajaran yang akan dipakai seperti bahasa Jerman Jepang dll.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item