Pengembangan lembar kerja siswa sifat keperiodikan unsur dengan strategi Prediksi-Observasi-Eksplanasi (POE) / Zelina Widjaja

Widjaja, Zelina (2020) Pengembangan lembar kerja siswa sifat keperiodikan unsur dengan strategi Prediksi-Observasi-Eksplanasi (POE) / Zelina Widjaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Widjaja, Zelina. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Sifat Keperiodikan Unsur dengan Strategi Prediksi-Observasi-Eksplanasi (POE). Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Fariati, M.Sc. Kata kunci: Sifat keperiodikan unsur, Lembar Kerja Siswa, Prediksi-Observasi- Eksplanasi, penelitian pengembangan. Konsep kimia yang saling berkesinambungan, membuat siswa perlu mempelajari konsep dasar dengan benar. Salah satu konsep dasar kimia adalah sifat keperiodikan unsur. Pemahaman konsep sifat keperiodikan unsur yang tepat dipengaruhi oleh bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) dipilih dengan strategi yang membantu siswa belajar secara mandiri. Strategi yang digunakan adalah strategi Prediksi-Observasi-Eksplanasi (POE), strategi tersebut dipakai untuk mata pelajaran yang dapat dilakukan praktikum, sedangkan sifat keperiodikan unsur tidak dilakukan praktikum. Tujuan penelitian adalah (1) menghasilkan LKS sifat keperiodikan unsur dengan strategi POE yang dilakukan tanpa praktikum dan (2) mengetahui persentase kelayakan LKS yang dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dengan tahap (1) pendefinsisan (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) Penyebaran (disseminate), namun tahap terakhir tidak dilakukan. Tahap POE pada LKS sifat keperiodikan unsur yang dilakukan tanpa praktikum adalah siswa memprediksi sifat keberkalaan, mengobservasi data jari-jari atom, energi ionisasi pertama, afinitas elektron pertama, keelektronegatifan, kereaktifan, titik didih dan titik leleh unsur serta sifat logam dari sumber dalam bentuk barcode, serta menjelaskan konflik antara prediksi dan observasi. Kelayakan bahan ajar ditentukan dari hasil uji validasi oleh seorang dosen kimia-FMIPA-UM dan dua orang guru kimia SMAK Kalam Kudus Malang serta uji keterbacaan oleh 15 orang siswa SMAK Kalam Kudus Malang yang dibagi 3 kelompok, yaitu atas, tengah dan bawah berdasarkan nilai ulangan konsep sifat keperiodikan unsur. Kesimpulan dari penelitian adalah (1) telah dikembangkan LKS sifat keperiodikan unsur dengan strategi POE yang dilakukan tanpa praktikum, (2) hasil uji kelayakan oleh validator 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah 99,4%, 94,3%, 96,0% dengan rata-rata 96,6% (sangat layak), dan hasil uji keterbacaan menunjukkan hasil sangat layak dengan persentase sebesar 90,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76965

Actions (login required)

View Item View Item