Profil soal kimia buatan guru dalam ujian semester ditinjau dari aspek HOTs di SMA Negeri wilayah Pasuruan tahun pelajaran 2016/2017 - 2018/2019 / Aulia Dewi Jayanti

Jayanti, Aulia Dewi (2020) Profil soal kimia buatan guru dalam ujian semester ditinjau dari aspek HOTs di SMA Negeri wilayah Pasuruan tahun pelajaran 2016/2017 - 2018/2019 / Aulia Dewi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jayanti, D. A. 2019. Profil Soal Kimia Buatan Guru Dalam Ujian Semester Ditinjau Dari Aspek Hots Di SMA Negeri Wilayah Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017 - 2018/2019. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Herunata, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: ujian akhir semester, instrumen penilaian berbasis HOTs menurut Brookhart. Pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penyempurnaan pada standar isi dan standar penialaian yang berbasis HOTs. Adanya soal-soal berbasis HOTs dalam ujian semester dilakukan untuk membiasakan dan membangun pola pikir peserta didik yang sesuai dengan aspek HOTs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil HOTs beserta analisis representasi HOTs yang terdapat pada soal-soal ujian semester di SMA Negeri yang ada di wilayah Pasuruan yang ditunjang dengan perspektif guru terkait pemahaman soal berbasis HOTs. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi: (1) menentukan kesesuaian antara penelitian dengan penggunaan metode analisis isi, (2) menentukan bahan yang cocok untuk dimasukkan dalam analisis isi, (3) menentukan variabel penelitian, (4) melakukan kategori pengkodean, (5) menganalisis dokumen atau sember data dan menginterpretasikan hasil penelitian. Sumber data yang di analisis adalah soal-soal ujian semester di SMA Negeri wilayah Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017 – 2018/2019. Variabel penelitian berupa enam jenis HOTs menurut Brookhart antara lain: 1) transfer, 2) critical thinking, 3) creative thinking, 4) judgment, 5) logic and reasoning, dan 6) problem solving. Pengambilan data dilakukan dengan teknik dokumentasi kemudian keabsahan temuannya diuji dengan prosedur interrater reliability yang dihitung melalui reliabilitas Cohen-Kappa. Hasil analisis kedua rater pada aspek HOTs transfer dalam soal kelas X dan XII sama, sehingga tidak dihitung. Sedangkan koefisien kesepakatan pada kelas XI diperoleh 0.7482 yang memberikan representasi kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase soal HOTs dalam ujian semester di SMA Negeri wilayah Pasuruan di kelas X, XI dan XII berturut-turut 3,40%, 2,17% dan 9,09%. Hasil tersebut masih belum memenuhi jumlah standar soal HOTs pada ujian yang ditetapkan BNSP sebesar 10%-15%. Adapun representasi soal HOTs dalam penelitian ini menunjukkan persentase 100% pada aspek HOTs di level menganalisis (C4) saja. Hal ini dapat terjadi karena prespektif guru sebagai pembuat instrumen penilaian berbasis HOTs masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76964

Actions (login required)

View Item View Item