Profil instrumen penilaian akhir semester (PAS) kimia buatan guru SMA di Tulungagung berdasarkan perspektif higher order thinking skills (HOTS) / Tania Maysaroh

Maysaroh, Tania (2020) Profil instrumen penilaian akhir semester (PAS) kimia buatan guru SMA di Tulungagung berdasarkan perspektif higher order thinking skills (HOTS) / Tania Maysaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maysaroh, Tania. 2019. Profil Instrumen Penilaian Akhir Semester (PAS) Kimia Buatan Guru SMA di Tulungagung Berdasarkan Perspektif Higher Order Thinking Skills (HOTS). Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Herunata, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Penilaian Akhir Semester (PAS), Kimia, HOTS Kurikulum dirancang sebagai seperangkat pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kurikulum 2013 diterapkan dalam tujuan mengembangkan peserta didik sehingga memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Penilaian hasil belajar pada Penilaian Akhir Semester (PAS) diharapkan dapat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kimia merupakan salah satu mata pelajaran di SMA yang seharusnya terdapat soal HOTS dalam penilaian hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui profil instrumen penilaian akhir semester (PAS) kimia buatan guru dan menganalisis representasi pertanyaan pada penilaian akhir semester (PAS) kimia pada jenis HOTS menurut Brookhart (2010). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang terdiri dari metode analisis isi. Langkah-langkah penelitian meliputi : (1) menentukan kesesuaian penelitian dengan metode analisis isi; (2) menentukan bahan yang cocok untuk analisis isi; (3) menentukan variabel penelitian yaitu aspek-aspek instrumen HOTS; (4) menyederhanakan setiap variabel menjadi sub-variabel; (5) melakukan kategori pengkodean; (6) menganalisis dan menginterpretasikan data hasil penelitian. Sumber data dari soal-soal penilaian akhir semester (PAS) Kimia SMA tahun pelajaran 2016/2017 sampai tahun pelajaran 2018/2019 di Tulungagung. Variasi penelitian berdasarkan HOTS transfer (C4, C5, dan C6) yang kemudian dianalisis lebih lanjut dengan HOTS menurut Brookhart (2010) yaitu critical thinking, creative thinking, logic and reasoning, judgment, dan problem solving. Pengambilan data dilakukan dengan teknik dokumentasi kemudian keabsahan temuannya diuji dengan prosedur interrater reliability yang dihitung melalui reliabilitas Cohen-Kappa secara manual. Hasil pengujian reliabilitas Cohen-Kappa diperoleh nilai 0,84 pada aspek HOTS transfer dengan interpretasi sempurna. Nilai pengujian mengindikasikan adanya kesepakatan yang kuat antara peneliti 1 dan peneliti 2. Hasil analisis pada 518 butir soal terdapat 17 soal yang masuk kategori soal HOTS . Rincian masing-masing tingkatan materi yaitu untuk kelas X dengan total 214 butir soal yang masuk kategori soal HOTS adalah 14 dengan persentase 6,54%. Pada kelas XI total 196 butir soal yang masuk kategori soal HOTS adalah 3 dengan persentase 1,53% sedangkan kelas XII dengan jumlah soal 108 diperoleh hasil persentase sebesar 0%. Aspek HOTS yang ditemukan adalah aspek HOTS transfer yaitu pada variabel menganalisis (Analyze). Aspek HOTS lainnya yaitu logic and reasoning pada variabel deduktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76963

Actions (login required)

View Item View Item