Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan kemampuan berpikir kritis pada materi redoks dan elektrokimia kelas XII SMA Negeri 1 Singosari / Surya Firdausy

Firdausy, Surya (2020) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan kemampuan berpikir kritis pada materi redoks dan elektrokimia kelas XII SMA Negeri 1 Singosari / Surya Firdausy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdausy, Surya. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Redoks dan Elektrokimia Kelas XII SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Hayuni Retno Widarti, M.Si Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, reaksi redoks dan elektrokimia Pembelajaran berpusat siswa merupakan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara penuh dalam kegiatan belajar-mengajar sehingga peserta didik berperan utama sedangkan guru berperan sebagai fasilitator. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran berpusat siswa. Pembelajaran kontekstual melibatkan peserta didik secara aktif mengaitkan konsep akademis dengan fenomena disekitar sehingga peserta didik dapat menemukan makna dalam proses belajarnya. Pembelajaran CTL dituntut untuk mendorong peserta didik menggunakan keahlian berpikir tingkat tinggi ketika dihadapkan dengan permasalahan disekitarnya. Oleh karena itu, peneliti termotivasi menerapkan model pembelajaran CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan bahan ajar berbasis CTL materi redoks dan elektrokimia sehingga kegiatan pembelajaran CTL yang diterapkan pada penelitian ini mengacu kegiatan pembelajaran pada bahan ajar tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau Quasi Experimental Design dengan Posttest Only Control Design. Populasi yang digunakan penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Singosari. Pegambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan kemudian terpilih kelas XII IPA-A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran CTL dan kelas XII IPA-B sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Analisis data dilakukan meliputi analisis deskriptif dan analisis statistik uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran CTL memiliki rata-rata sebesar 86% dan pembelajaran konvensional sebesar 85% yang diukur dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. (2) Terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran CTL dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen (66,93) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol (51,32). (3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran CTL dengan hasil belajar peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (64,93) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol (48,89). (4) Respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis CTL berdasarkan hasil penilaian persepsi peserta didik pada angket yaitu persentase yang dicapai untuk penilaian isi bahan ajar berbasis CTL sebesar 76%, sedangkan untuk penilaian terhadap proses pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis CTL sebesar 72%. Hasil persentase keduanya menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis CTL baik digunakan dalam pembelajaran CTL pada penelitian ini dan peserta didik merespon dengan baik terhadap pembelajaran CTL yang telah diterapkan. Berdasarkan komentar, hambatan, dan saran yang diberikan oleh peserta didik, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperbaiki untuk selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76962

Actions (login required)

View Item View Item