Profil instrumen Penilaian Akhir Semester (PAS) kimia buatan guru SMA dan MA di Blitar berdasarkan aspek Higher Order Thinking Skills (HOTS) / Firda Novi Azizah

Azizah, Firda Novi (2020) Profil instrumen Penilaian Akhir Semester (PAS) kimia buatan guru SMA dan MA di Blitar berdasarkan aspek Higher Order Thinking Skills (HOTS) / Firda Novi Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah, Firda Novi. 2019. Profil Instrumen Penilaian Akhir Semester (PAS) Kimia Buatan Guru SMA dan MA di Blitar Berdasarkan Aspek Higher Order Thinking Skills (HOTS). Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Herunata, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: penilaian akhir semester (PAS), kimia, HOTS Kurikulum 2013 dirancang dengan berbagai penyempurnaan. Salah satu penyempurnaan yang dilakukan yaitu pada standar penilaian dengan mengadaptasi model penilaian internasional untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) peserta didik. Implementasi dari penyempurnaan tersebut Pemerintah memberlakukan penilaian berbasis HOTS yang dapat diterapkan pada penilaian hasil belajar yang dikembangkan oleh guru, seperti pada soal penilaian akhir semester (PAS). Salah satu mata pelajaran yang diujikan ditingkat SMA/MA adalah kimia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil dan representasi instrumen penilaian akhir semester (PAS) kimia buatan guru SMA dan MA di Blitar berdasarkan aspek Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kualitatif yang digunakan adalah metode kepustakaan (literer) jenis analisis isi (content analysis) menurut Krippendorf (2004). Langkah-langkah analisis isi meliputi unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, dan narrating. Peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen utama, sedangkan instrumen pendukung berupa soal PAS kimia, aspek HOTS menurut Brookhart, dan angket guru. Sumber data utama diperoleh dari soal penilaian akhir semester (PAS) kimia SMA dan MA di Blitar dan sumber data pendukung berupa angket terbuka mengenai pengetahuan guru terhadap penilaian berbasis HOTS. Hasil analisis yang diperoleh di uji keabsahan temuan menggunakan inter rater reliability. Selanjutnya hasil analisis antar rater di uji kesepakatan menggunakan koefisien kesepakatan Cohen-Kappa. Hasil analisis soal PAS kimia buatan guru SMA dan MA di Blitar telah memuat aspek HOTS. Profil soal PAS kimia menunjukkan 34 butir soal merupakan soal HOTS dengan persentase pada kelas X 4,26%, kelas XI 5,65%, dan kelas XII 10,09%. Representasi soal PAS kimia yaitu sebanyak 34 soal merupakan soal HOTS dengan rincian 10 soal dari kelas X merupakan aspek transfer dan satu soal di antaranya memuat aspek logic and reasoning, 13 soal kelas XI merupakan aspek HOTS transfer dan satu soal di antaranya memuat critical thinking, dan 11 soal kelas XII merupakan aspek HOTS transfer dan satu soal di antaranya memuat aspek logic and reasoning dan critical thinking. Soal HOTS transfer berada pada variabel menganalisis (C4). Soal HOTS critical thinking pada variabel memberikan penjelasan sederhana dan aspek HOTS logic and reasoning pada variabel deduktif. Hasil analisis soal tersebut berdasarkan hasil uji keabsahan dan kesepakatan antara dua rater menunjukkan seluruh aspek HOTS yang dianalisis memperoleh kesepakatan yang sama, kecuali pada aspek HOTS transfer kelas XI dengan perolehan uji kesepakatan Cohen-Kappa sebesar 0,62. Hasil tersebut menunjukkan adanya kesepakatan yang kuat di antara dua rater sehingga hasil analisis tersebut bersifat valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76961

Actions (login required)

View Item View Item