Keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri di Kabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia / Rizalah Karomatul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri di Kabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia / Rizalah Karomatul Maghfiroh

Maghfiroh, Rizalah Karomatul (2020) Keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri di Kabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia / Rizalah Karomatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maghfiroh K. R. 2019. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri di Situbondo pada Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) H.Herunata S.Pd. M.Pd. Kata Kunci keterampilan berpikir kritis reaksi redoks dan elektrokimia metode survei Pada abad XXI manusia dituntut memiliki kemampuan berpikir dengan baik dalam membuat keputusan serta menyaring suatu informasi. Sehingga ber pi kir kritis sangat diperlukan untuk perkembangan berpikir siswa khususnya da lam bidang kimia. Salah satu materi pada bidang kimia adalah materi reaksi redoks dan elektrokimia. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi keterampilan ber pikir kritis yang berhubungan dengan memfokuskan pertanyaan menganalisis argumen bertanya dan menjawab pertanyaan yang membutuhkan jawaban meni lai kredibilitas suatu sumber menilai hasil pengamatan membuat dan memper tim bangkan nilai keputusan mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan defi nisi memutuskan suatu tindakan pada materi reaksi redoks dan elektrokimia. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskrtiptif kuantitatif de ngan metode survei. Subjek penelitian dilakukan pada dua sekolah yaitu SMAN 1 Situbondo sebanyak 2 kelas dan SMAN 1 Besuki sebanyak 3 kelas. Instrumen pe ni lai an keterampilan berpikir krtiis yang digunakan pada materi reaksi redoks dan elektrokimia adalah instumen yang dikembangkan oleh Yesika (2018) dengan me nga daptasi 12 indikator berpikir kritis menurut Ennis (2011). Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan indikator keterampilan berpikir kritis menurut Ennis (2011). Hasil analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan ja wa ban siswa yang menjawab benar dengan alasan benar pada soal pilihan ganda dan jawaban benar siswa pada soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan materi reaksi redoks dan elektroki mia yang diajarkan oleh guru ternyata mampu memunculkan keterampilan ber pi kir kritis sis wa denga tingkat keterampilan berpikir kritis yang masih tergolong sangat ren dah dengan rata-rata antara lain 1) Pada aspek memberikan penjelasan dengan in dikator memfokuskan pertanyaan keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dika bu paten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sangat rendah 2) Pada as pek memberikan penjelasan sederhana dengan indikator me nga nalisis argu men keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabu paten Situ bondo pada ma teri reaksi redoks dan elektrokimia tergolong rendah 3) Pada as pek mem be rikan penjelasan sederhana dengan indi kator bertanya dan menja wab pertanya an yang membutuhkan jawaban kete ram pilan berpikir kritis siswa SMAN dikabu paten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergo long sangat ren dah 4) Pada aspek membangun keterampilan dasar dengan indi kator menilai kre di bilitas suatu sum ber keterampilan berpikir kritis siswa SMAN di kabupaten Si tu bon do pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sa ngat rendah 5) Pada aspek membangun keterampilan dasar dengan indikator me ni lai hasil penga ma tan ke te rampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabupaten Si tubondo pada ma teri reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sangat rendah 6) Pada aspek menge mu kakan kesim pulan dengan indikator membuat dan memper tim bang kan nilai ke putu san keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabu pa ten Situbondo pada ma teri reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sangat ren dah 7) Pada aspek mem berikan pen jel asan lebih lanjut dengan indikator mendefi ni si kan istilah dan mempertim bang kan definisi keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabu pa ten Situ bondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergo long sangat ren dah 8) Pada aspek memperkirakan dan mengin tegrasikan dengan indikator me mu tus kan suatu tindakan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri dikabu paten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergo long rendah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76959

Actions (login required)

View Item View Item