Keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri di Kabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia / Rizalah Karomatul Maghfiroh

Maghfiroh, Rizalah Karomatul (2020) Keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri di Kabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia / Rizalah Karomatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maghfiroh, K. R. 2019. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri di Situbondo pada Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) H.Herunata, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, reaksi redoks dan elektrokimia, metode survei Pada abad XXI manusia dituntut memiliki kemampuan berpikir dengan baik dalam membuat keputusan serta menyaring suatu informasi. Sehingga, berpikir kritis sangat diperlukan untuk perkembangan berpikir siswa khususnya dalam bidang kimia. Salah satu materi pada bidang kimia adalah materi reaksi redoks dan elektrokimia. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis yang berhubungan dengan memfokuskan pertanyaan, menganalisis argumen, bertanya dan menjawab pertanyaan yang membutuhkan jawaban, menilai kredibilitas suatu sumber, menilai hasil pengamatan, membuat dan mempertimbangkan nilai keputusan, mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi, memutuskan suatu tindakan pada materi reaksi redoks dan elektrokimia. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskrtiptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian dilakukan pada dua sekolah yaitu SMAN 1 Situbondo sebanyak 2 kelas dan SMAN 1 Besuki sebanyak 3 kelas. Instrumen penilaian keterampilan berpikir krtiis yang digunakan pada materi reaksi redoks dan elektrokimia adalah instumen yang dikembangkan oleh Yesika (2018) dengan mengadaptasi 12 indikator berpikir kritis menurut Ennis (2011). Data yang diperoleh, dianalisis sesuai dengan indikator keterampilan berpikir kritis menurut Ennis (2011). Hasil analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan jawaban siswa yang menjawab benar dengan alasan benar pada soal pilihan ganda dan jawaban benar siswa pada soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan, materi reaksi redoks dan elektrokimia yang diajarkan oleh guru ternyata mampu memunculkan keterampilan berpikir kritis siswa denga tingkat keterampilan berpikir kritis yang masih tergolong sangat rendah dengan rata-rata antara lain: 1) Pada aspek memberikan penjelasan dengan indikator memfokuskan pertanyaan, keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sangat rendah, 2) Pada aspek memberikan penjelasan sederhana dengan indikator menganalisis argumen, keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong rendah, 3) Pada aspek memberikan penjelasan sederhana dengan indikator bertanya dan menjawab pertanyaan yang membutuhkan jawaban, keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sangat rendah, 4) Pada aspek membangun keterampilan dasar dengan indikator menilai kredibilitas suatu sumber, keterampilan berpikir kritis siswa SMAN di kabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sangat rendah, 5) Pada aspek membangun keterampilan dasar dengan indikator menilai hasil pengamatan, keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sangat rendah, 6) Pada aspek mengemukakan kesimpulan dengan indikator membuat dan mempertimbangkan nilai keputusan, keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sangat rendah, 7) Pada aspek memberikan penjelasan lebih lanjut dengan indikator mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi, keterampilan berpikir kritis siswa SMAN dikabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong sangat rendah, 8) Pada aspek memperkirakan dan mengintegrasikan dengan indikator memutuskan suatu tindakan, keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri dikabupaten Situbondo pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong rendah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76959

Actions (login required)

View Item View Item