Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kimia unsur untuk peserta didik SMA kelas XII / Atika Qorina

Qorina, Atika (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kimia unsur untuk peserta didik SMA kelas XII / Atika Qorina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Qorina, Atika. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kimia Unsur untuk Peserta Didik SMA Kelas XII. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nazriati, M.Si. (II) Drs. Muhammad Suaidi, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Berbasis Android, Kimia Unsur. Kimia unsur merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit oleh peserta didik karena berisi banyak sub bab yang bebentuk bacaan. Peserta didik harus sering membaca dan mengkaji, sehingga siswa dapat memahami materi kimia unsur. Kebanyakan peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi kimia unsur karena materinya banyak dengan media yang terbatas seperti buku teks yang hanya menampilkan informasi berupa teks dan gambar yang cenderung membosankan. Media pembelajaran berbasis android memberikan susasana baru dan tampilan yang menarik dengan menampilkan informasi berupa gambar bergerak seperti animasi atau video dan audio. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran kimia unsur untuk SMA kelas XII. Media ini diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik terhadap materi kimia unsur dengan nyaman dan lebih menyenangkan serta memberikan keluasaan kepada siswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Media mobile learning ini dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Flash professional Cs 6 yang dalam proses pengembangannya menggunakan Camtasia, Adobe Photoshop cs 6, Coreldraw 2018, Swivel dan Photoshop cs 6. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan (1974) yang teridiri dari empat tahap yakni tahap I: define yang bertujuan untuk menetapkan dan menentukan persyaratan instruksional yaitu berisi garis besar isi media, materi yang dipilih, tahap II: design yang bertujuan merancang produk dan membuat design produk berdasarkan materi instruksional yang telah ditentukan pada tahap define yaitu berisi kerangka media, karakter produk, format produk, hasil (produk), tahap III: develop yang bertujuan penyempurnaan dari tahap-tahap sebelumnya yaitu berisi data validasi produk, uji coba produk. Tahap IV: disseminate. Tetapi pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap III karena keterbatasan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Media berbasis Android pada Materi Kimia Unsur, dengan persentase kelayakan (1) penilaian oleh ahli materi dan ahli media oleh satu dosen jurusan kimia dan dua guru kimia memperoleh hasil 88,1% dengan kategori sangat layak, (2) penilaian dari uji coba coba terbatas peserta didik memperoleh hasil 92,2% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76920

Actions (login required)

View Item View Item