Pengembangan bahan ajar flipbook pada materi redoks dan elektrokimia berbasis pendekatan STEM-PjBL berbantuan video pembelajaran / Deni Ainur Rokhim

Rokhim, Deni Ainur (2020) Pengembangan bahan ajar flipbook pada materi redoks dan elektrokimia berbasis pendekatan STEM-PjBL berbantuan video pembelajaran / Deni Ainur Rokhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rokhim, Deni Ainur. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Flipbook pada Materi Redoks dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan STEM-PjBL Berbantuan Video Pembelajaran. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Hayuni Retno Widarti, M.Si (II) Prof. Dr. Fauziatul Fajaroh, M.S Kata kunci: bahan ajar, flipbook, materi redoks dan elektrokimia, pendekatan STEM-PjBL, video pembelajaran Pada pembelajaran Kimia SMA terdapat materi redoks dan elektrokimia yang membekali siswa pengetahuan tentang perkembangan sains dan teknologi. Pembelajaran materi redoks dan elektrokimia akan lebih efektif dan efisien jika siswa belajar mandiri melalui bahan ajar yang dikembangkan sendiri oleh pendidik agar siswa menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Selain itu, pendidik perlu terampil dalam penggunaan media, serta teknologi, informasi, dan komunikasi dalam memenuhi tuntutan abad 21 maka bahan ajar perlu dikemas dalam tampilan elektronik (e-book). Bahan ajar juga harus dikembangkan dan disesuaikan antara model pembelajran dengan materi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai materi redoks dan elektrokimia yakni model Science Technology Engeneering and Mathematics-Project Based Leaning (STEM-PjBL) dengan berbantuan video pembelajaran untuk mempermudah siswa memahami materi sehingga bahan ajar yang dikembangkan juga dapat membantu siswa memahami konsep penting materi dan pengaplikasiannya. Bahan ajar yang dibuat dalam bentuk flipbook belum banyak digunakan dalam pembelajaran kimia sehingga perlu dikembangkan dan mengetahui kelayakannya dalam bahan ajar pembelajaran kimia. Pengembangan ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar kimia flipbook pada materi redoks dan elektrokimia berbasis STEM-PjBL berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar kimia flipbook materi redoks dan elektrokimia berbasis STEM-PjBL berbantuan video pembelajaran. Langkah-langkah pengembangan ini dikembangkan menurut model Borg & Gall sampai dengan lima tahap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan yaitu teknik analisis persentase dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil validasi bahan ajar dan RPP kimia flipbook pada materi redoks dan elektrokimia berbasis STEM-PjBL berbantuan video pembelajaran dikategorikan sangat valid. Hasil yang diperoleh untuk kelayakan bahan ajar sebesar 92,71% dan kelayakan RPP sebesar 92,78 %. Hasil uji coba keterbacaan oleh siswa juga menghasilkan kategori yang sangat valid sebesar 92,78 %

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76919

Actions (login required)

View Item View Item