Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 pada materi reaksi redoks untuk siswa SMA kelas X / Linda Novika Arum Kusumawati

Kusumawati, Linda Novika Arum (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 pada materi reaksi redoks untuk siswa SMA kelas X / Linda Novika Arum Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawati, Linda N. A. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing yang disesuaikan dengan Kurikulum 2013 pada Materi Reaksi Redoks untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D., (II) Drs. M. Su’aidy, M.Pd. Kata kunci: bahan ajar, inkuiri terbimbing, reaksi redoks Pembelajaran kimia seyogyanya dibangun melalui pengembangan keterampilan proses sains yang meliputi keterampilan mengamati, menyusun hipotesis, merencanakan percobaan atau penelitian, memanipulasi variabel, menafsirkan data (interpretasi), menyusun kesimpulan sementara, meramalkan, menerapkan, dan mengkomunikasikan. Materi reaksi redoks mengandung konsep-konsep abstrak yang termasuk sebagai konsep sukar bagi siswa SMA. Pembelajaran kimia pada materi reaksi redoks rata-rata masih menggunakan pembelajaran verifikasi. Untuk itulah dibutuhkan bahan ajar yang sesuai untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa, misalnya dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil analisis terhadap 2 bahan ajar menunjukkan bahwa materi reaksi redoks didominasi oleh uraian konsep dan simbol, sehingga bahan ajar tersebut kurang menarik minat siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 pada materi reaksi redoks dan mengetahui kelayakan dari bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan menggunakan model rancangan 4-D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian pengembangan ini, tahap disseminate tidak dilakukan. Validasi isi dilakukan oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia SMA. Uji keterbacaan dilakukan terhadap 10 orang siswa kelas XI MA AL ITTIHAD Malang. Instrumen validasi dan uji keterbacaan menggunakan angket. Klasifikasi pada angket validasi dan angket uji keterbacaan menggunakan kriteria tertentu. Hasil pengembangan berupa bahan ajar reaksi redoks yang terdiri dari buku guru dan buku siswa. Karakteristik bahan ajar tersebut antara lain: (1) menggunakan tahapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang disesuaikan dengan kurikulum 2013, (2) dilengkapi video penunjang bahan ajar yang dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD), (3) disajikan data dan fakta yang banyak dijumpai dalam kehidupan nyata siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran pada materi reaksi redoks dengan tingkat kelayakan sebesar 86,6%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mudah dipahami dan membantu siswa dalam mempelajari materi reaksi redoks dengan tingkat keterbacaa sebesar 81,9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76918

Actions (login required)

View Item View Item