Studi pemahaman konsep dan algoritma siswa kelas XII MIPA SMA Malang pada topik larutan buffer / Edigiana Teresia Nini Belang - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pemahaman konsep dan algoritma siswa kelas XII MIPA SMA Malang pada topik larutan buffer / Edigiana Teresia Nini Belang

Belang, Edigiana Teresia Nini (2019) Studi pemahaman konsep dan algoritma siswa kelas XII MIPA SMA Malang pada topik larutan buffer / Edigiana Teresia Nini Belang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Belang Edigiana Teresia Nini. 2018. Studi Pemahaman Konsep dan Algoritma Siswa Kelas XII MIPA SMA Malang pada Topik Larutan Buffer. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.DarsonoSigit M.Pd. (II) Dr. Sumari M.Si. Kata Kunci pemahaman konsep pemahaman algoritma larutan buffer. Salah satu topik ilmu kimia yang diajarkan pada siswa SMA kelas XI program MIPA semester Genap adalahlarutanbuffer. Topik ini meliputi sifat larutan buffer komponen larutan buffer pembuatan larutan buffer pH larutan buffer cara kerja larutan buffer setelah penambahan sedikit asam basa dan pengenceran peran larutan buffer dalam tubuh makluk hidup. Untuk dapat memahami topik larutan buffer secara utuh diperlukan pemahaman konsep pemahaman algoritma. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mengklasifikasikan pemahaman konsep dan algoritma siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Malang pada topik larutan buffer yang dirinci dalam kategori (a) benar konsep dan algoritma (BKBA) (b) benar konsep tetapi salah algoritma (BKSA) (c) salah konsep tetapi benar algoritma (SKBA) (d) salah konsep dan algoritma (SKSA) (2) menguji ada atau tidaknya hubungan antara pemahaman konsep dan pemahaman algoritma siswa kelas XII MIPA SMA 4 Malang pada materi larutan buffer. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan korelasional. Subjek penelitian ini adalah dua kelas siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Malang yang terdiri dari 90 siswa. Istrumen yang dipakai pada penelitian ini adalah tes diagnostik pilihan ganda beralasan terbuka berupa 9 soal pemahaman konsep dan 9 soal pemahaman algoritma. Tes memiliki validitas isi sebesar 89% dan reliabilitas 0 86. Data dianalisis dengan uji korelasi menggunakan uji Pearson. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi 0 317 0 05 dengan nilai signifikansinya 0 013 0.05 with a significance value of 0.013 0.05. The results showed that (1) the percentage of grade XII Math and Science Students of Malang state High Scool 4 in buffer solution topic that (a) true about concepts and algorithm as much as 29% (b) true about concepts and wrong algorithmic as much as 14% (c) false about concepts and true algorithm by 16% (d) false concepts and wrong algorithm by 41% (2) there is a positive and significant relationship between concepts understanding and algorithms of Grade XII Math and Science Students of state High Scool 4 Malang but the relationship between of them is still relatively low.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76917

Actions (login required)

View Item View Item