Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis learning cycle 5E pada materi senyawa karbon turunan alkana untuk SMA/MA kelas XII / Tita Putri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis learning cycle 5E pada materi senyawa karbon turunan alkana untuk SMA/MA kelas XII / Tita Putri Utami

Utami, Tita Putri (2019) Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis learning cycle 5E pada materi senyawa karbon turunan alkana untuk SMA/MA kelas XII / Tita Putri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Utami Tita Putri. 2019. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Learning Cycle 5E pada Materi Senyawa Karbon Turunan Alkana untuk SMA/MA Kelas XII. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S (II) Dr. H. Yudhi Utomo M.Si Kata Kunci praktikum learning cycle 5E turunan alkana Kimia merupakan salah satu ilmu yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dari kegiatan praktikum. Salah satu materi Kimia yang diberikan pada kelas XII adalah senyawa karbon turunan alkana. Materi ini memiliki beberapa konsep yang dibentuk melalui kegiatan praktikum. Perangkat dalam kegiatan praktikum yang sangat penting adalah buku petunjuk praktikum. Buku petunjuk praktikum yang ada sifatnya masih verifikatif dan cenderung seperti buku resep. Oleh karena itu perlu dikembangkan buku petunjuk praktikum terutama pada materi senyawa karbon turunan alkana yang mampu membantu siswa dalam membangun konsep melalui praktikum yang dilakukan sehingga dipilihlah model pembelajaran Learning Cycle 5E sebagai basis dalam pengembangan buku petunjuk praktikum tersebut. Buku petunjuk praktikum berbasis Learning Cycle 5E pada materi senyawa karbon turunan alkana ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari beberapa tahap yaitu Define Design Develop dan Disseminate. Namun pada penelitian ini pengembangan hanya dilakukan sampai tahap Develop saja. Buku petunjuk praktikum dikembangkan menjadi dua jenis yaitu buku guru dan buku siswa. Pada setiap buku terdapat bagian yang sama yaitu bagian pendahuluan isi dan penutup hanya saja pada buku guru dilengkapi dengan jawaban dari komponen yang harus diisi siswa dan dilampirkan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk guru. Pada buku petunjuk praktikum yang dikembangkan dilakukan validasi oleh ahli dan uji keterbacaan oleh siswa untuk mengetahui tingkat kelayakan produk yang dihasilkan. Validasi ahli dilakukan oleh tiga validator dan uji keterbacaan dilakukan oleh 15 orang siswa kelas XII IPA 1 SMA Brawijaya Smart School. Hasil validasi ahli terhadap buku petunjuk praktikum yang dikembangkan adalah sebagai berikut (1) Validasi ahli yang dilakukan pada buku guru memperoleh nilai rata-rata 3 7 dan telah memenuhi kriteria sangat valid (2) Validasi ahli yang dilakukan pada buku siswa memperoleh nilai rata-rata 3 7 dan telah memenuhi kriteria sangat valid. Setelah melalui tahap validasi ahli buku petunjuk yang dikembangkan mengalami beberapa revisi atas masukan dari validator. Pada buku petunjuk praktikum yang dihasilkan setelah tahap revisi kemudian dilakukan uji keterbacaan dan diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 3 75 dan telah memenuhi kriteria sangat valid. Berdasarkan tingkat kevalidan yang diperoleh dari validasi ahli dan uji keterbacaan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76913

Actions (login required)

View Item View Item