Pengembangan instrumen penilaian (assessment) asam basa berkualifikasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk peserta didik SMA/MA kelas XI / Vevina Dyahsasi Nugraha

Nugraha, Vevina Dyahsasi (2019) Pengembangan instrumen penilaian (assessment) asam basa berkualifikasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk peserta didik SMA/MA kelas XI / Vevina Dyahsasi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nugraha, Vevina D. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian (Assessment) Asam-Basa Berkualifikasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muntholib, M.Si., (2) Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si. Kata kunci: instrumen asesmen, HOTS, asam-basa Salah satu aspek yang tercantum dalam kurikulum 2013 mendukung proses evaluasi hasil belajar peserta didik dari semua kompetensi. Implementasi dari kurikulum 2013 adalah penilaian hasil belajar yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Berdasarkan taksonomi Bloom revisi, kemampuan berpikir tingkat tinggi terbagi menjadi tiga ranah kognitif, yakni menganalisis, mengevaluasi, dan membuat. Instrumen penilaian berorientasi HOTS sangat baik untuk mengukur ketercapaian peserta didik pada bahan kajian yang kompleks, bersifat abstrak, kontekstual, dan mencakup empat dimensi pengetahuan yakni pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Bahan kajian asam-basa merupakan salah satu contoh bahan kajian yang memenuhi karakteristik tersebut. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan instrumen penelitian berkualifikasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada bahan kajian asam-basa untuk peserta didik SMA/MA kelas XI. Tahapan pengembangan instrumen mengadaptasi tahapan pengembangan dari Chandrasegaran et.al., 2007; Wattanakasiwich et.al., 2013; Damanhuri et.al., 2016; dan Muntholib et.al., in press. Uji kelayakan terhadap hasil produk dilakukan terhadap 205 peserta didik kelas XI MIPA SMA ‘Nasional’ Malang dan XI MIPA MAN Kota Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk instrumen penilaian berpikir tingkat tinggi pada bahan kajian asam-basa terdiri atas 32 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0,787 dan tingkat persentase rata-rata kelayakan produk instrumen penilaian sebesar 88,47% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tes kelayakan produk instrumen tersebut, instrumen penilaian ini dapat digunakan oleh guru sebagai bahan evaluasi pembelajaran dan penilaian terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada bahan kajian asam-basa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76909

Actions (login required)

View Item View Item