Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya dengan augmented reality pada materi alkana kelas XI SMA/MA / Nazilatul Fajaroh Al Muthmainnah Shidqie - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya dengan augmented reality pada materi alkana kelas XI SMA/MA / Nazilatul Fajaroh Al Muthmainnah Shidqie

Shidqie, Siti Nazilatul Fajaroh Al Muthmainnah (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya dengan augmented reality pada materi alkana kelas XI SMA/MA / Nazilatul Fajaroh Al Muthmainnah Shidqie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Shidqie Siti Nazilatul F.A.M. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing yang diperkaya dengan Augmented Reality pada Materi Alkana Kelas XI SMA/MA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Munzil S.Pd M.Si. (II) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. Kata Kunci bahan ajar augmented reality inkuiri terbimbing. Berdasarkan fakta yang ada di lapangan masih terdapat pelajar yang belum mampu untuk memahami dan mengaitkan hubungan di antara konsep-konsep makroskopis submikroskopis dan simbolik. Karena hal inilah banyak pelajar yang mengalami kesulitan dalam memahami materi kimia contohnya adalah materi hidrokarbon. Umumnya pelajar mengalami kesulitan pada bahasan konsep tata nama dan reaksi-reaksi yang terjadi pada tiap senyawa hidrokarbon. Proses pembelajaran yang monoton tidak inovatif dan pengajar yang berperan secara penuh menyebabkan pelajar kurang berminat mengikuti pembelajaran. Bahan ajar yang banyak tersedia cenderung hanya berbentuk tulisan. Selain itu metode ceramah dan hafalan yang selama ini digunakan juga menambah faktor penyebab kesulitan memahami materi hidrokarbon. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah merancang bahan ajar yang menarik berbeda dan terbaru. Bahan ajar yang baik adalah yan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai. Strategi yang dinilai sesuai dengan karakter pembelajaran kimia adalah inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan produk berupa bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya dengan augmented reality pada materi alkana kelas XI SMA/MA. Bahan ajar diharapkan dapat membantu proses pembelajaran agar berjalan lebih efektif dan efisien. Augmented reality ditambahkan untuk membantu dalam penggambaran objek-objek agar menjadi nyata (real). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Lee Owens yang terdiri dari lima langkah. Kelima langkah tersebut yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Pada pengembangan bahan ajar dan aplikasi hanya dilakukan tiga langkah yaitu analysis design development sedangkan langkah implementation dan evaluation tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan uji kelayakan kevalidan dan uji coba keterbacaan terhadap bahan ajar dan aplikasi augmented reality yang dihasilkan. Produk divalidasi oleh dua orang validator dan uji coba keterbacaan dilakukan kepada 20 orang siswa kelas XI-3 SMA Brawijaya Smart School Malang. Hasil validasi isi materi bahan ajar yang telah dilakukan oleh dua validator didapat rata-rata bahan ajar sebesar 70 741 dengan kategori layak. Selain itu hasil validasi media oleh satu validator didapatkan rata-rata media sebesar 86 4 dengan kategori sangat layak. Untuk uji coba keterbacaan terhadap 20 orang pelajar didapatkan rata-rata sebesar 86 1 dengan kategori sangat menarik. Dari hasil ini bahan ajar dan media augmented reality yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran dan bahan ajar sangat menarik serta mudah dipahami oleh pelajar. Bahan ajar dapat menjadi alternatif penunjang yang membantu belajar mengajar berjalan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76907

Actions (login required)

View Item View Item