Pengembangan instrumen diagnostik four tier untuk mengidentifikasi pemahaman siswa SMA pada materi hidrolisis garam / Isnatul Husniah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen diagnostik four tier untuk mengidentifikasi pemahaman siswa SMA pada materi hidrolisis garam / Isnatul Husniah

Husniah, Isnatul (2019) Pengembangan instrumen diagnostik four tier untuk mengidentifikasi pemahaman siswa SMA pada materi hidrolisis garam / Isnatul Husniah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Husniah Isnatul. 2019. Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Habiddin M.Pd. Ph.D. (2) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. Kata Kunci Instrumen four-tier identifikasi pemahaman hidrolisis garam Instrumen diagnostik berfungsi untuk mengetahui kelemahan-kelemahan pemahaman siswa pada konsep materi tertentu sehingga nantinya dapat diberikan tindak lanjut berupa perlakuan pembelajaran dengan tepat. Salah satunya yaitu pada materi pelajaran kimia yaitu hidrolisis garam pada kelas XI SMA yang perlu dianalisis. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menyusun instrumen diag-nostik four-tier yang valid. Instrumen tersebut memiliki empat tingkatan yaitu pada tingkat pertama berisi jawaban dari pertanyaan pilihan ganda tingkat kedua berisi tentang tingkat keyakinan jawaban siswa tingkat ketiga berisi pilihan alasan yang sesuai dengan jawaban dan tingkat yang keempat yaitu tingkat keyakinan siswa memilih alasan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan pada model penelitian milik Treagust (1988) yang telah dilakukan modifikasi oleh Habiddin Page (2019). Model penelitian tersusun dalam 6 tahapan diantaranya (1) Pemetaan konsep (mapping concept) (2) Uji coba wawancara (testing interviewing) (3) Identifikasi konsep siswa yang tidak santifik (defining students unscientific ideas) (4) Pengembangan prototipe instrumen diagnostik four-tier (developing the proto-type four-tier) (5) Validasi prototipe instrumen diagnostik four-tier (validating the prototype four-tier) dan (6) Revisi produk hasil (refining the final four-tier). Materi yang dikembangkan yaitu pada KD 3.11 dalam instrumen pilihan ganda alasan terbuka yang dikerjakan dalam 2 kelas 11 SMA. Selanjutnya jawaban dan alasan dianalisis digunakan untuk pengembangan instrumen diagnostik four-tier pada jawaban alasan. Instrumen instrumen diagnostik four-tier ini dikerjakan oleh 64 siswa pada kelas 11 SMA Negeri 2 Malang dan hasilnya dilakukan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil pengembangan uji coba instrumen diagnostik four-tier berupa analisis validasi isi dan validasi empirik. Pada validasi isi untuk semua nomor dan semua kriteria komponen soal masuk kriteria valid sedangkan validasi empirik diantaranya yaitu uji validitas butir soal terdapat instrumen diagnostik four-tier yang tidak valid yaitu pada (1) nomor 10 14 dan 18 pada tier A (pilihan jawaban) (2) nomor 14 17 dan 19 pada tier R (pilihan alasan) serta (3) nomor 10 14 dan 17 untuk tier B (pilihan jawaban dan alasan) sedangkan untuk uji reliabilitas butir soal baik pada pilihan jawaban pilihan alasan dan pilihan jawaban-alasan semua nilainya tinggi. Kemudian untuk tingkat kesukaran butir soal pada jawaban alasan dan jawaban-alasan rata-rata semua tergolong sedang atau mudah bukan tergolong sukar sedangkan untuk daya beda terdapat soal yang tidak sesuai dan keefektivitas distraktor masih ditemukan yang tidak masuk kriteria efektif. Kemudian untuk soal yang tidak layak diperbaikan atau revisi dan menghasilkan produk akhir instrumen diagnostik four-tier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76901

Actions (login required)

View Item View Item