Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e yang diperkaya augmented reality pada materi laju reaksi / Eka Puspita Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e yang diperkaya augmented reality pada materi laju reaksi / Eka Puspita Kartika Sari

Sari, Eka Puspita Kartika (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e yang diperkaya augmented reality pada materi laju reaksi / Eka Puspita Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Eka Puspita Kartika. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Learning Cycle 5E Yang Diperkaya Augmented Reality Pada Materi Laju Reaksi. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Si. (II) Rini Retnosari S.Pd. M.Si. Kata Kunci laju reaksi learning cycle 5E augmented reality Ilmu kimia adalah materi pelajaran yang sebagian besar bersifat abstrak untuk memahami ilmu kimia dibutuhkan observasi secara langsung dan tidak langsung. Banyak siswa yang juga merasa kesulitan dalam mempelajari kimia terutama materi laju reaksi. Jadi diperlukan bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran agar dapat berjalan secara maksimal. Seiring perkembangan teknologi informasi bahan ajar tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja akan tetapi dikombinasikan dengan hal yang bersifat interaktif. Interaktif berarti bahwa adanya timbal balik antara media dengan pengguna salah satunya yaitu Augmented Reality. Sehingga bahan ajar yang memuat Augmented Reality akan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar. Diperlukan pula model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam berfikir kritis salah satunya Learning Cycle 5E yang memiiki lima tahapan yaitu engagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Learning Cycle 5E berbantuan augmented reality pada materi Laju Reaksi. Bahan ajar tersebut sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 karena pembelajaran berpusat pada peserta didik terutama dalam memahami materi Laju Reaksi.Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikemukakan oleh William W. Lee Diana L. Owens yang terdiri atas lima tahap (1) penilaian/analisis yang terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis awal akhir meliputi analisis karakteristik siswa pengkajian materi lingkungan hingga biaya (2) desain pada tahap ini meliputi perancangan produk (3) pengembangan pada tahap ini produk dikembangkan kemudian diuji validasi oleh ahli dan guru serta uji keterbacaan pada siswa (4) implementasi dan (5) evaluasi. Dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya penelitian terbatas sampai tahap ketiga yaitu pengembangan. Hasil pengembangan bahan ajar ini berbentuk bahan ajar cetak dengan ukuran A6 berisi QRcode dan marker juga aplikasi Augmented Realitydengan format .apk yang dapat pada smartphone dengan sistem operasi android. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase (a) validasi materi sebesar 89 7% (b) persentase validasi media sebesar 86% dan (c) persentase uji keterbacaan sebesar 90%. Berdasarkan nilai persentasi hasil validasi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dapan digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran kimia khususnya materi Laju Reaksi di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76892

Actions (login required)

View Item View Item