Pengembangan instrumen diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi pemahaman siswa SMA pada materi hidrolisis garam / Dyah Isfi Mulyasari

Mulyasari, Dyah Isfi (2019) Pengembangan instrumen diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi pemahaman siswa SMA pada materi hidrolisis garam / Dyah Isfi Mulyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Mulyasari, D. I. 2019. Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier untuk Mengidentifikasi Pemahaman Siswa SMA Pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Habiddin, M.Pd., Ph.D, (II) M. Muchson, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Four-Tier, Identifikasi, Hidrolisis Garam. Ilmu kimia memiliki konsep-konsep yang bersifat abstrak, kompleks, dan saling terkait, sehingga apabila siswa tidak memahami konsep yang lebih dasar maka akan kesulitan dalam memahami konsep yang lebih kompleks. Kesulitan dalam memahami konsep-konsep tersebut dapat mengakibatkan kesalahan pemahaman konsep, apabila hal tersebut terjadi secara berlanjut maka akan menimbulkan miskonsepsi. Salah satu cara yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi dengan menggunakan tes diagnostik. Tes diagnostik terdiri dari beberapa macam yaitu tes pilihan ganda biasa, two-tier, three-tier,dan four-tier. Akan tetapi dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes pilihan ganda four-tier dikarenakan pada pilihan ganda one-tier, two-tier, dan three-tier memiliki kekurangan. Instrumen four-tier terdiri dari empat tingkatan yaitu multiple choice, tingkat keyakinan jawaban, alasan jawaban, dan tingkat keyakinan alasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan instrumen diagnostik yang valid dan layak untuk siswa SMA kelas XI. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI SMAN 1 Gondanglegi dan SMAN 1 Tumpang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket validasi isi yang berupa saran dan komentar, serta skor yang diberikan oleh validator ahli. Instrumen diagnostik four-tier yang dikembangkan menggunakan tahapan pengembangan instrumen oleh Habiddin & Page (2019), yaitu (1) mapping concept; (2) testing & interviewing; (3) defining student unscientific ideas; (4) developing the prototype four-tier; (5) validating the prototype four-tier; (6) refining the final four-tier. Jenis data yang diperoleh berupa data hasil validasi isi instrumen pilihan ganda alasan terbuka dan instrumen diagnostik four-tier yang meliputi data saran dan komentar serta persentase hasil validasi, selain itu juga diperoleh data hasil analisis butir soal yang berupa data tingkat kesukaran, daya beda, keefektifan pengecoh, validitas, dan reliabilitas butir soal. Hasil validasi isi menjukkan bahwa rata-rata instrumen diagnostik four-tier di atas 81% dengan keriteria sangat layak. Hasil analisis butir soal menunjukkan bahwa rata-rata butir soal mempunyai validitas dan reliabilitas yang tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa butir soal layak dan reliabel , sehingga dapat digunakan sebagai instrumen diagnostik untuk mengidentifikasi pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76891

Actions (login required)

View Item View Item