Pengembangan bajan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya augmented reality pada materi sel elektrolisis / Nevia Pradani

Pradani, Nevia (2019) Pengembangan bajan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya augmented reality pada materi sel elektrolisis / Nevia Pradani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Pradani, Nevia. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing yang Diperkaya Augmented Reality pada Materi Sel Elektrolisis. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si. (II) M. Muchson, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Sel Elektrolisis, Inkuiri Terbimbing, Augmented Reality Salah satu tujuan pembelajaran kimia adalah melatih ketrampilan proses sains. Oleh karena itu, kimia sebaiknya dibelajarkan dengan strategi inkuiri. Dalam praktiknya, peserta didik masih mengalami kesulitan terkait karakteristik materi kimia yang mencakup tiga level representasi yaitu makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Permasalahan tersebut terjadi pada materi sel elektrolisis. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri harus ditunjang dengan program yang mampu memvisualisasi aspek partikulat dalam materi sel elektrolisis, seperti Augmented Reality. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya Augmented Reality pada topik sel elektrolisis. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model William W. Lee & Diana L. Owens. Tahapan pada model pengembangan tersebut terdiri dari lima tahap yaitu: (1) analysis/assessment (tahap analisis,) (2) design (tahap desain), (3) development (tahap pengembangan), (4) implementation (tahap implementasi), dan (5) evaluation (tahap evaluasi). Penelitian yang dilakukan oleh peneliti hanya sampai pada tahap ketiga, dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Produk akhir dari pengembangan ini yaitu berupa bahan ajar dalam bentuk buku saku yang terdiri dari tiga chapter, setiap chapter terdiri dari tujuh level. Bahan ajar dilengkapi dengan qr code ketika discan akan terhubung ke google form. Dilengkapi juga dengan marker ketika discan akan muncul animasi tiga dimensi pada aspek submikroskopik yang mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Hasil validasi diperoleh persentase sebesar 87,6% untuk aspek penilaian dari segi media, 86,1% untuk aspek penilaian dari segi materi dan 87,4% untuk uji keterbacaan. Berdasarkan data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kimia yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak sehingga dapat digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran materi sel elektrolisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76889

Actions (login required)

View Item View Item