Identifikasi miskonsepsi dan pemahaman algoritmik materi elektrokimia di SMA Islam Alma'arif Singosari / Reidwika Qonitinsyah

Qonitinsyah, Reidwika (2019) Identifikasi miskonsepsi dan pemahaman algoritmik materi elektrokimia di SMA Islam Alma'arif Singosari / Reidwika Qonitinsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Qonitinsyah, Reidwika .2019. Identifikasi Miskonsepsi dan Pemahmana Algoritmik Materi Elektrokimia SMA ISLAM AL MA’ARIF SINGOSARI. SKRIPSI. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Drs. Ida Bagus Suryadharma, M.S.,(II) Drs. M. Shodiq Ibnu, M.Si. Kata Kunci: Miskonsepsi, Pemahaman Algoritmik, Sel Volta. Sel Elektrolisis Materi elektrokimia adalah salah satu materi kimia SMA yang sebagian bersifat abstrak pada materi ini mengandung tiga representasi yaitu simbolik, makroskopik dan submikroskopik. Hal ini menyebabkan timbulnya banyak potensi kesalahan pada materi ini contohnya penentuan batang elektroda mana yang menjadi anoda dan mengalami oksidasi ataupun batang elektroda mana yang menjadi katoda dan mengalami reduksi. Materi elektrokimia juga banyak memerlukan hitungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan algoritmik siswa SMA ISLAM AL MA’ARIF materi elektrokimia. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 26 soal pilihan ganda dengan alasan terbuka dan juga wawancara. Dalam penelitian ini digunakan satu kelas sampel yaitu kelas XII IPA 2. Soal yang digunakan berjumlah 26 soal yang sebelumnya telah diuji validasi isinya oleh ahli dan diuji cobakan kepada siswa kelas XII IPA 1. Setelah divalidasi dan diujicobakan kemudian dihitung persen validasi isi, realibilitas, daya butir soal, tingkat kesukaran soal dan validitas butir sosl. Hasil validasi oleh ahli didapatkan rata-rata sebesar …%. Validitas butir soal dan reabilitas instrumen dihitung menggunakan SPSS 16.0 For Window. Hasil uji coba didapatkan bahwa dari 30 soal , 4 soal tidak valid dan tidak digunakan dalam penelitian dan hasil uji reabilitas instrumen didapatkan reabilitas soal sebesar 0.919. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase siswa yang mengalami miskonsepsi adalah rendah dan pemahaman algoritmik siswa tergolong tinggi pada materi elektrokimia. Presentase rata-rata siswa yang menagalami miskonsepsi pada materi sel volta adalah sebanyak 6.2%. Sementara presentase rata-rata siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi sel elktrokimia adalah 12%. Presentase siswa mengalami miskonsepsi terbesar pada materi sel volta adalah pada materi fungsi jemabtan garam dan konsep sel reaksi pada sel volta. Sedangkan presentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi sel elektrolisis tertinggi adalah pada materi elektrolisis larutan dan elektrolisis lelehan yang menghasilkan gas pada kedua elektrodanya. Pada pemahaman algoritmik siswa yang dapat menjawab dengan alasan yang benar soal algoritmik pada materi sel volta adalah tergolong tinggi dengan presentase rata-rata yaitu 85.0%. Pemahaman algoritmik tertinggi pada materi sel volta adalah pada menghitung potensial sel. Sementara pada soal algoritmik materi sel elektrolisis presentase rata-rata siswa yang menjawab benar tergolong tinggi yaitu 80.5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76887

Actions (login required)

View Item View Item