Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif Preparing, Doing, Checking, dan Assessing and Following-Up (PDSC) terhadap pengetahuan metakognitif dan prestasi belajar siswa kelas XI-MIPA MAN Sumenep pada materi asam basa / Nahda Afania

Afania, Nahda (2019) Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif Preparing, Doing, Checking, dan Assessing and Following-Up (PDSC) terhadap pengetahuan metakognitif dan prestasi belajar siswa kelas XI-MIPA MAN Sumenep pada materi asam basa / Nahda Afania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Afania, Nahda. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Preparing, Doing, Checking, dan Assessing and Following-up (PDCA) terhadap Pengetahuan Metakognitif dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-MIPA MAN Sumenep pada Materi Asam Basa. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Parlan, M. Si., (II) Dra. Hj. Dedek Sukarianingsih, M. Pd., M. Si. Kata kunci : strategi pembelajaran metakognitif PDCA, pengetahuan metakognitif, prestasi belajar, asam basa. Salah satu materi yang penting dalam kimia adalah asam basa. Penguasaan terhadap materi asam-basa membutuhkan pengetahuan metakognitif. Pengetahuan metakognitif merupakan pengetahuan yang digunakan untuk mengontrol proses kognitif. Pengetahuan metakognitif mencakup tiga jenis, yaitu pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran pada siswa yang dibelajarkan dengan strategi metakognitif PDCA dan siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori, mengidentifikasi tingkat pengetahuan metakognitif siswa, mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif PDCA terhadap pengetahuan metakognitif dan prestasi belajar siswa, mengetahui hubungan antara pengetahuan metakognitif dengan prestasi belajar siswa, dan mengetahui hubungan antara pengetahuan metakognitif (MAI) dengan prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experimental design) dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-MIPA MAN Sumenep tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian yang digunakan adalah 40 siswa kelas XI-MIPA 1 yang dibelajarkan dengan strategi metakognitif PDCA dan 40 siswa kelas XI-MIPA 2 yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori. Teknik pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan undian. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji beda (uji-t, uji Mann-Withney, dan uji Wilxocon), uji keefektifan (d-effect size dan NGain), dan uji korelasi (Product-Moment dan Spearman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan proses pembelajaran kelas SM-PDCA adalah sebesar 94,75%, dan kelas EP sebesar 95%, (2) tingkat pengetahuan metakognitif siswa secara keseluruhan tergolong sedang, dimana tingkat pengetahuan deklaratif siswa tergolong sedang, tingkat pengetahuan prosedural siswa tinggi, dan tingkat pengetahuan kondisional siswa sedang, (3) ada pengaruh strategi metakognitif PDCA terhadap pengetahuan metakognitif (pengetahuan deklaratif, prosedural, dan kondisional) siswa, (4) ada pengaruh strategi metakognitif PDCA terhadap prestasi belajar siswa, (5) strategi metakognitif PDCA memiliki keefektifan yang tinggi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan nilai d-effect size dan N-Gain berturut-turut 3,73 dan 0,85 (6) ada hubungan antara pengetahuan metakognitif dengan prestasi belajar siswa, (7) tidak ada hubungan antara pengetahuan metakognitif (MAI) dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76884

Actions (login required)

View Item View Item